Efektivitas Permainan Musik Kesenian Tradisional Talempong Pacik Terhadap Peningkatan Sikap Disiplin, Toleransi, dan Kerjasama Siswa Di SMA Negeri 9 Kota Padang Sumatera Barat.

Ikhsan, Yaumil (2016) Efektivitas Permainan Musik Kesenian Tradisional Talempong Pacik Terhadap Peningkatan Sikap Disiplin, Toleransi, dan Kerjasama Siswa Di SMA Negeri 9 Kota Padang Sumatera Barat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yaumil-ikhsan-14724259001.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesenian tradisional talempong pacik terhadap sikap disiplin, toleransi, dan kerjasama siswa di SMA Negeri 9 Kota Padang Sumatera Barat. Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai-nilai yang terkadung dalam falsafah (1) alua jo patuik yang berarti disiplin, (2) bajalan paliharo kaki, paliharo lidah, kato sapatah dipikia an, nan elok dek awak ka tuju dek urang yang berarti toleransi, dan (3) ka mudiak sa antak galah, ka hilia sarangkuah dayuang, sasuai lahie jo bathin, sasuai muluik jo hati yang berarti kerjasama yang terkandung dalam kebudayaan Minangkabau yang selalu diwarisi secara turun-temurun salah satunya melalui kesenian tradisional talempong pacik. Pendekatan ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen pre-test pos-test. Sampel sejumlah 30 orang siswa dari 300 populasi siswa kelas X di SMA Negeri 9 Kota Padang Sumatera Barat, ditentukan dengan teknik purposive sampling, yang menggunakan kuesioner. Variabel bebasnya adalah permainan musik Talempoong pacik sedangkan variabel terikatnya adalah disiplin, toleransi, dan kerjasama. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Validitas dan realibilitas instrumen menggunakan korelasi product moment pearson dan Alpha Cronbach’s. Sedangkan analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang positif dan signifikan antara pre-test dan pos-test kesenian tradisional talempong pacik terhadap peningkatan sikap disiplin, toleransi, dan kerjasama siswa SMA Negeri 9 Kota Padang Sumatera Barat. Hal ini ditunjukkan pada pengukuran hasil perbedaan sikap disiplin, toleransi, dan kerjasama pada taraf signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kesenian tradisional, talempong pacik, pendidikan, disiplin, toleransi, dan kerjasama
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Jan 2017 07:52
Last Modified: 09 May 2019 07:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46610

Actions (login required)

View Item View Item