METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN ILMU GIZI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK MA’ARIF BOROBUDUR

Inneke Kusuma, Dewi (2016) METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN ILMU GIZI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK MA’ARIF BOROBUDUR. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_INNEKE.pdf

Download (52MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menerapkan model pembelajaran Jigsaw pada pembelajaran Ilmu Gizi di SMK Ma’arif Borobudur, 2) Mengetahui hasil belajar mata pelajaran Ilmu Gizi kelas X Tata Boga 1 dengan metode pembelajaran Jigsaw di SMK Ma’arif Borobudur, 3) Mengetahui keaktifan belajar mata pelajaran Ilmu Gizi kelas X Tata Boga dengan metode pembelajaran Jigsaw di SMK Ma’arif Borobudur. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif menggunakan model spiral Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan pada Januari-November 2016 di SMK Ma’arif Borobudur dan Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana Universitas Negeri Yogyakarta dengan subjek penelitian siswa kelas X Tata Boga 1 yang berjumlah 20 siswa. dengan tahapan sebagai berikut : perencanaan, tindakan & pengamatan, serta refleksi. Uji coba untuk butir soal dilakukan ke siswa kelas X Jasa Boga 2 dengan 20 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes kognitif, dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dan konstruk. Uji reliabilitas menggunakan antar rater. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw mampu : 1) Penerapan metode pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran Ilmu Gizi di SMK Ma’arif Borobudur dilaksanakan dalam 2 siklus dalam mata pelajaran ilmu gizi, yaitu siklus I pada materi menu seimbang dan Siklus II dengan materi siklus menu pada kelas X Tata Boga 1, 2) Hasil belajar dalam mata pelajaran Ilmu Gizi melalui metode pembelajaran Jigsaw di SMK Ma’arif Borobudur pada posttest pra siklus, siklus I dan siklus II memiliki rerata 69,5, 73,8, dan 79,7 dengan ketuntasan nilai KKM dari 20 siswa adalah pra siklus 8 siswa (40%), siklus I terdapat 13 siswa (65%), dan siklus II terdapat 20 siswa 100%, 3) Keaktifan siswa dalam mata pelajaran Ilmu Gizi melalui model pembelajaran Jigsaw di SMK Ma’arif Borobudur pada pra siklus terdapat 2 siswa dalam kategori tinggi, Siklus I terdapat 14 siswa kategori tinggi, dan pada siklus II 20 siswa dalam kategori tinggi. Kata Kunci : hasil belajar, pembelajaran Jigsaw , Ilmu Gizi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Jan 2017 03:14
Last Modified: 30 Jan 2019 13:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46581

Actions (login required)

View Item View Item