LAPORAN INDIVIDU PENGALAMAN PRAKTIK LAPANGAN SMA NEGERI 1 DEPOK Jl. Babarsari Caturtunggal Depok Sleman 15Juli s/d 15 September 2016

PUNGKI RETNOWATI, PUNGKI RETNOWATI (2016) LAPORAN INDIVIDU PENGALAMAN PRAKTIK LAPANGAN SMA NEGERI 1 DEPOK Jl. Babarsari Caturtunggal Depok Sleman 15Juli s/d 15 September 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pendidikan Bahasa Perancis_Pungki Retnowati.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), merupakan suatu bentuk usaha peningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang merupakan bentuk pembelajaran mahasiswa UNY dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk mencari pengetahuan di luar kampus yakni pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidang yang ditekuni, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) dilaksanakan di SMA Negeri 1 Depok. Praktikan mengajar Bahasa Prancis semester gasal. Materi yang disampaikan adalah materi dengan tema La Famille dan La Maison. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan RPP dan materi mengajar sekaligus pembuatan perangkat administrasi guru. Setiap kali praktek mengajar di lapangan praktikan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Depok yang berlangsung dari tanggal 15 Juli 2016 hingga 15 September 2016, penyusun mendapat kesempatan mengajar dikelas X IPS 1, XI IPS 3, XI IPA 1, XI IPA 2 dan XI IPA 3. Mahasiswa melakukan praktek mengajar dikelas setiap hari Selasa jam ke 1 – 2 dan 6 – 7, hari kamis jam ke 4 – 5 dan 6 – 7 – 8, dan jum’at jam ke 5 – 6. Secara umum, pelaksanaan PPL dapat berjalan dengan baik. Adapun hambatan yang muncul dapat diminimalisir dengan konsultasi dengan guru pembimbing, sehingga pelaksanaan PPL dapat terlaksana dengan baik. Dengan adanya kegiatan PPL diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. Selain itu mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan UNY

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 1 Depok, Bahasa Prancis, La Famille,La maison, Perangkat Pembelajaran.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jan 2017 01:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46576

Actions (login required)

View Item View Item