AKOMODASI PENILAIAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR SPESIFIK KELAS II SD BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA

Nike, Setya Pratiwi (2016) AKOMODASI PENILAIAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR SPESIFIK KELAS II SD BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NIKE SETYA PRATIWI_11103244044.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil akomodasi penilaian hasil belajar Bahasa Indonesia bagi anak berkesulitan belajar spesifik kelas II di SD Bangunrejo 2 Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah seorang guru kelas II dan satu orang siswa berkesulitan belajar spesifik kelas II. Tempat penelitian adalah di kelas II SD Bangunrejo 2 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang dilakukan dengan menggunakan cara triangulasi teknik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model analisis interaktif Milles & Huberman dengan cara reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses akomodasi penilaian hasil belajar bahasa Indonesia yaitu meliputi: (1) fungsi penilaian telah terlaksana walaupun guru belum merancang PPI, (2) prinsip penilaian, (3) komponen penilaian, dan (4) teknik penilaian dengan menggunakan bentuk tes dan non tes, serta hasil akomodasi penilaian hasil belajar bahasa Indonesia yaitu meliputi: (1) strategi akomodasi penilaian; yang dilakukan mencakup mengontrol tingkat kesulitan tes namun guru masih menyamakan tingkat kesulitan soal dengan siswa yang normal, mengubah materi tes sesuai kemampuan anak namun guru belum merubah materi tes menjadi lebih mudah, membuat daftar tugas bagi anak yang belum bisa menulis, serta menulis tugas di papan tulis, dan (2) hasil akomodasi penilaian hasil belajar; mencakup penyampaian soal yang diberikan sama dengan siswa berkemampuan normal, cara menjawab soal dengan dengan tertulis, tempat pengerjaan soal tes tanpa diberikan ruang tersendiri oleh guru, dan waktu tambahan untuk mengerjakan soal yang diberikan pada waktu saat istirahat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 27 Jan 2017 07:45
Last Modified: 30 Jan 2019 13:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46552

Actions (login required)

View Item View Item