HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR IV DI SLB B KARNNAMANOHARA, KABUPATEN SLEMAN

Niki, Andri Arni (2016) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR IV DI SLB B KARNNAMANOHARA, KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NIKI ANDRI ARNI_12103241052.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran konsep diri, (2) gambaran prestasi belajar, dan (3) hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa tunarungu kelas dasar IV di SLB B Karnnamanohara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 10 siswa tunarungu kelas dasar IV SLB B Karnnamanohara. Data variabel konsep diri diperoleh menggunakan skala konsep diri dan didukung wawancara. Data variabel prestasi belajar diperoleh dari dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukan gambaran konsep diri siswa tunarungu kelas dasar IV di SLB B Karnnamanohara sebagian besar termasuk kategori sedang (60%), selebihnya kategori tinggi (10%) dan kategori rendah (30%). Gambaran prestasi belajar sebagian besar siswa termasuk kategori sedang (60%) dan kategori rendah (30%), sisanya termasuk kategori tinggi (10%). Hasil juga menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi yaitu 0,758. Konsep diri terbukti turut menyumbang 57,4% terhadap prestasi belajar siswa, sedangkan 42,6% sisanya disumbang oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 27 Jan 2017 07:23
Last Modified: 30 Jan 2019 13:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46551

Actions (login required)

View Item View Item