METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN PERILAKU PRIBADI DAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN EMPATI ANAK TUNALARAS KELAS VI DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA

Niwang, Tunjung Palupi (2016) METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN PERILAKU PRIBADI DAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN EMPATI ANAK TUNALARAS KELAS VI DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Niwang Tanjung Palupi_12103244033.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan empati anak tunalaras. Kemampuan empati anak tunalaras ditingkatkan melalui perbaikan praktek pembelajaran Pengembangan Perilaku Pribadi dan Sosial dengan menerapkan metode role playing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah anak tunalaras kelas VI di SLB E Prayuwana. Setting yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lingkungan dalam kelas dan di luar kelas. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dua siklus dalam waktu selama dua bulan. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu metode observasi, kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan empati anak tunalaras dapat ditingkatkan melalui penerapan metode role playing. Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya nilai perilaku empati dari 48,3 pada saat pre-test kemudian menjadi 63,3 pada saat siklus I, dan menjadi 76,7 pada siklus II dengan kriteria baik. Perilaku yang ditunjukkan, seperti halnya siswa bersedia bermain peran dengan teman sekelasnya dengan ekspresi senang, siswa memperhatikan ketika guru sedang menerangkan, siswa patuh terhadap perintah guru, dan perilaku siswa yang suka memukul meja dengan alat tulisnya sekarang sudah mulai berkurang. Sedangkan pemahaman empati siswa meningkat dari 66,7 pada saat pre-test kemudian menjadi 80 pada saat siklus I, dan meningkat lagi menjadi 86,7 pada saat siklus II dengan keterangan sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 27 Jan 2017 07:09
Last Modified: 30 Jan 2019 13:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46548

Actions (login required)

View Item View Item