PENINGKATAN KETERAMPILAN OTOMOTIF TAMBAL BAN MELALUI METODE LATIHAN PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS X DI SLB NEGERI 1 SLEMAN

Nur, Khamidah (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN OTOMOTIF TAMBAL BAN MELALUI METODE LATIHAN PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS X DI SLB NEGERI 1 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NUR KHAMIDAH_12103241050.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan otomotif tambal ban melalui metode latihan pada siswa tunagrahita ringan kelas X di SLB Negeri 1 Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan 2 siklus masing-masing tiga kali pertemuan. Subjek penelitiannya adalah siswa tunagrahita ringan kelas X berjumlah 3 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode latihan dapat meningkatkan keterampilan otomotif tambal ban pada siswa tunagrahita ringan kelas X di SLB Negeri 1 Sleman. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari hasil tes unjuk kerja yang telah dilakukan. Adapun proses pembelajarannya sebagai berikut: 1) menyiapkan berbagai peralatan dan perlengkapan yang digunakan dalam menambal ban, 2) guru memperagakan langkah-langkah menambal ban, 3) siswa menirukan langkah-langkah menambal ban yang telah dicontohkan guru, 4) siswa melakukan latihan langkah-langkah menambal ban secara mandiri 5) guru melakukan evaluasi terhadap proses dan hasil tambal ban siswa. Peningkatan keterampilan otomotif tambal ban pada siswa tunagrahita ringan dapat dilihat dari hasil tes pada siklus I yaitu subjek RA dari nilai pra tindakan sebesar 43,33 meningkat menjadi 81,66 pada pasca tindakan siklus II. Subjek FA dari nilai pra tindakan sebesar 56,66, meningkat menjadi 93,33 pada pasca tindakan siklus II. Subjek AH dari nilai pra tindakan sebesar 51,66 meningkat menjadi 86,66 pada pasca tindakan siklus II. Kesimpulan akhir adalah ketiga subjek telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 77. Oleh karena itu, metode latihan ini dapat meningkatkan keterampilan otomotif tambal ban pada siswa tunagrahita ringan kelas X.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 27 Jan 2017 06:53
Last Modified: 30 Jan 2019 13:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46542

Actions (login required)

View Item View Item