PENINGKATAN FLEKSIBILITAS ALAT GERAK BAWAH MENGGUNAKAN METODE STRETCHING PADA ANAK TUNADAKSA KELAS III DI SLB RELABHAKTI 1 GAMPING

Nurul, Hidayatul Fathona (2016) PENINGKATAN FLEKSIBILITAS ALAT GERAK BAWAH MENGGUNAKAN METODE STRETCHING PADA ANAK TUNADAKSA KELAS III DI SLB RELABHAKTI 1 GAMPING. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NURUL HIDAYATUL FATHONA_12103241015.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fleksibilitas alat gerak bawah menggunakan metode stretching pada anak tunadaksa kelas III di SLB Relabhakti 1 Gamping. Metode stretching merupakan latihan yang berguna untuk meningkatkan fleksibilitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan desain penelitian Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan fleksibilitas alat gerak bawah dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan yang dilakukan guru dengan gerakan peregangan yang diinstruksikan oleh guru, kemudian subjek mengikuti dengan seksama setiap instruksi guru. Pada kemampuan pra tindakan persentase pencapaian 47%, pada post-test siklus I meningkat menjadi 59% tetapi belum mencapai KKM sebesar 60%, sehingga dilanjutkan siklus II. Pada siklus II dilakukan pemberian rewardberupa kesempatan untuk mewarnai di akhir kegiatan pembelajaran. Reward diberikan apabila subjek mampu melakukan gerakan peregangan dengan baik. Pada siklus II persentase pencapaian subjek mencapai 69%.Metode stretching dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan fleksibilitas alat gerak bawah siswa tunadaksa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 27 Jan 2017 06:50
Last Modified: 30 Jan 2019 13:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46541

Actions (login required)

View Item View Item