PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KUIS UNTUK PENGUASAAN GERBANG LOGIKA DASAR DAN FLIP-FLOP BERBANTUAN MOBILE LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Faizul, Ikhsan (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KUIS UNTUK PENGUASAAN GERBANG LOGIKA DASAR DAN FLIP-FLOP BERBANTUAN MOBILE LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
TAS_FAIZUL IKHSAN _ 12518241005.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) model sistem pengujian yang tepat pada aplikasi kuis digital, (2) karakteristik sistem pengujian sebagai instrumen penilaian, (3) kelayakan aplikasi kuis digital sebagai instrumen penilaian, dan (4) unjuk kerja aplikasi kuis digital sebagai instrumen penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) pengembangan instrumen penilaian kuis berbantuan mobile learning berbasis android. Pengujian dilakukan di SMK Negeri 2 Pati dan SMK Muhammadiyah Kudus dengan subjek siswa kelas XI Teknik Audio Video sejumlah 49 orang. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan tes. Validitas menggunakan product moment dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data dengan cara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) terdapat dua model sistem pengujian, yaitu uji pengetahuan dan uji kemampuan, yang digunakan dengan bentuk tes pilihan ganda, benar salah, dan jawaban singkat, (2) terdapat 50 soal tes valid, nilai koefisien reliabilitas r11=0,931 termasuk kategori sangat kuat, tingkat kesukaran diperoleh 1 butir sukar, 35 butir sedang, 14 butir mudah, daya pembeda diperoleh 3 butir buruk, 20 butir cukup, dan 25 butir baik, (3) kelayakan aplikasi kuis digital dilihat dari (a) pada pengujian black box diketahui seluruh fungsi aplikasi kuis digital bekerja dengan baik, (b) penilaian ahli materi meliputi penilaian kurikulum 2013, substansi materi, dan desain pembelajaran diperoleh rerata penilaian 84,52 % termasuk kategori sangat layak, (c) penilaian oleh ahli media meliputi, functionality, reliability, usability dan komunikasi visual diperoleh rerata 87,45 % termasuk dalam kategori sangat layak, (d) penilaian oleh guru meliputi penilaian kurikulum 2013, substansi materi, dan desain pembelajaran diperoleh rerata penilaian 86,90 % termasuk kategori sangat baik, (e) penilaian oleh siswa meliputi operability, learnability, understandability, dan attrractivenness diperoleh rerata 58,53 % temasuk dalam kategori baik, (4) Skor rerata gain yang diperoleh di SMK Negeri 2 Pati sebesar 0,57 termasuk dalam kategori sedang, sedangkan SMK Muhammadiyah Kudus sebesar 0,41 termasuk dalam kategori sedang. Kata kunci: pengembangan instrumen penilaian kuis, mobile learning, waterfall, gerbang logika dasar, flip-flop

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Jan 2017 00:33
Last Modified: 30 Jan 2019 13:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46526

Actions (login required)

View Item View Item