PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI KOMPONEN ELEKTRONIKA DAYA (ELDA) DI SMK

Bramantio, Delkisyarangga (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI KOMPONEN ELEKTRONIKA DAYA (ELDA) DI SMK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
12518241026_Bramantio D_Skripsi.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada kompetensi dasar mengidentifikasi komponen elektronika daya (elda) dan (2) mengetahui tingkat kelayakan dari media pembelajaran berbasis Android pada kompetensi dasar mengidentifikasi komponen elektronika daya (elda). Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Klaten dengan subjek penelitian kelas XII program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan oleh dua ahli media dan dua ahli materi, serta pengujian pengguna akhir yaitu siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) hasil pengembangan media menggunakan metode pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis (meliputi: analisis kurikulum, analisis materi, dan analisis karakter siswa), design (meliputi: perancangan data, perancangan navigasi, perancangan tampilan (user interface), dan perancangan algoritma), development (meliputi: pembuatan media berupa pengembangan user interface serta pengembangan kode program, dan validasi produk oleh ahli media serta ahli materi), implementation (meliputi: uji coba produk pada siswa kelas XII SMK Negeri 2 Klaten), dan evaluation (meliputi: menanyakan umpan balik, pengumpulan data, analisis data, dan kesimpulan produk), (2) hasil penilaian kelayakan oleh ahli media mendapatkan rerata skor 57,5 dengan persentase sebesar 84,56% dari skor rerata maksimal sebesar 68 dengan kategori “sangat layak”. Penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan rerata skor 51,5 dengan persentase sebesar 75,74% dari skor rerata maksimal sebesar 68 dengan kategori ”layak”, serta rerata skor yang diperoleh dari penilaian pengguna akhir atau respon siswa sebesar 110,21 dari skor rerata maksimal sebesar 136 dengan kategori “baik” digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Android, Elektronika Daya

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Jan 2017 00:25
Last Modified: 30 Jan 2019 13:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46523

Actions (login required)

View Item View Item