LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2015/2016 SMP NEGERI 1 TURI

RENISTIARA, MEDILIANASARI (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2015/2016 SMP NEGERI 1 TURI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RENISTIARA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan kedalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun non formal. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa didepan dan diluar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun kedalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan bekal mengajar secara operasional di sekolah, sehinggga mahasiswa tidak hanya belajar secara teoritis saja. Kegiatan PPL dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 15 Juli 2015 sampai 15 September 2016 di SMP N 1 TURI dapat bermanfaat bagi semua pihak, baik sekolah, perguruan tinggi, maupun mahasiswa. Kegiatan atau program PPL yang dilaksanakan antara lain; melaksanakan pembelajaran langsung di kelas, pembuatan perangkat pembelajaran, serta pemberian tugas kepada peserta didik. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 sampai tanggal 15 September 2016. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar terbimbing di dalam kelas dan kegiatan non mengajar. Kegiatan mengajar meliputi kegiatan pengajaran terbimbing dengan guru pembimbing sebanyak 4 kali pertemuan dengan RPP yang berbeda. Kegiatan pembelajaran dilakukan untuk empat kelas yaitu dari kelas VIII-A, VIII-B, VIII-C, dan VIII-D. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain diskusi kelompok, ceramah, scientific, cooperative learning, dan pembelajaran kontekstual, dan penugasan. Ada beberapa kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern, diantaranya peserta didik yang terkadang ramai dan harus bisa mengondisikan kelas dengan sebaik-baiknya. Namun, hal ini merupakan suatu kenyataan bahwa anak usia SMP memang dalam perkembangan aktif dan kritis, dan hal ini merupakan suatu proses untuk pembelajaran aktif dan menuju yang lebih baik. Kegiatan non mengajar meliputi pendampingan-pendampingan seperti ekstrakurikuler tari, pendampingan wayang edukasi, pendampingan bridging course, dan lainnya. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan kedisiplinan akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pembelajaran, Peserta Didik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Jan 2017 02:41
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46486

Actions (login required)

View Item View Item