PEMETAAN MATERI AJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) BERTUJUAN AKADEMIK

Ari Kusmiatun, S.Pd., M.Hum. (2016) PEMETAAN MATERI AJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) BERTUJUAN AKADEMIK. Artikel Penelitian Disertasi Doktor.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis domain, sebaran konten, pengembangan, dan struktur penyajian materi ajar dalam pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) bertujuan akademik yang ada di beberapa institusi penyelenggara BIPA di Indonesia. Target temuan dalam penelitian ini adalah pemetaan fakta empiris perihal materi ajar dalam pembelajaran BIPA bertujuan akademik. Pemetaan ini menjadi langkah awal dan merupakan bagian penting dari penelitian disertasi yang akan dilakukan peneliti. Hasil temuan penelitian akan digunakan untuk dasar analisis penelitian disertasi selanjutnya yakni menggali muatan akademik materi ajar BIPA khusus ini. Tujuan jangka panjang penelitian ini akan menemukan suatu formula materi ajar yang ideal bagi pembelajaran BIPA bertujuan akademik sehingga dapat digunakan sebagai dasar penyelenggaraan pembelajaran BIPA bertujuan akademik yang baik dan sesuai kebutuhan pembelajarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti hadir sebagai instrumen kunci dalam penelitian. Data penelitian ini berupa data verbal lisan dan verbal tertulis yang dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara mendalam, studi dokumentasi, dan kuisioner. Setting penelitian berskala nasional dan mencakup berbagai lembaga penyelenggara BIPA, baik di bawah perguruan tinggi maupun lembaga kursus bahasa. Keterwakilan purposif setting penelitian didasarkan pada tiga alasan, yaitu reputasi lembaga dalam pengelolaan BIPA, eksisitensi sebagai provider program yang menuntut adanya BIPA bertujuan akademik, dan kuantitas pembelajar asing yang ada. Data yang ditemukan akan dianalisis dengan teknik kualitatif dengan model spiral analisis data. Prosedur analisis meliput langkah: 1) mengorganisasi data, 2) mendeskripsikan, mengklasifikasikan, dan menafsirkan data menjadi kode dan tema, 3) menafsirkan data, dan 4) menyajikan dan memvisualisasikan data. Validitas temuan dalam penelitian ini menggunakan perpanjangan waktu, trianggulasi data, trianggualsi disiplin ilmu (expert judgement), dan pengecekan ulang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan BIPA bertujuan akademik masih belum banyak di berbagai penyelenggara BIPA. Pembelajaran BIPA bertujuan akademik juga belum disiapkan secara baik, termasuk materinya. Bentuk materi dalam pembelajaran BIPA bertujuan akademik berupa: (1) materi cetak (printed), (2) materi dengaran (audio), (3) materi pandang dengar (audio video), dan (4) materi multimedia. Fungsi materi dalam kelas BIPA bertujuan akademik adalah untuk: (1) pemandu pengajar dan pembelajar, (2) sumber kegiatan pembelajaran, (3) sumber referensi, dan (4) sumber merancang evaluasi belajar dan laporan kemajuan belajar. Ada delapan komponen dalam materi pembelajaran BIPA bertujuan akademik, yaitu: (1) kosakata, (2) tata bahasa, (3) menyimak, (4) berbicara, (5) membaca, (6) menulis, (7) pengetahuan umum, dan (8) sit in dan ekskursi. Subtansi materi dalam pembelajaran BIPA bertujuan akademik meliputi substansi bahasa, budaya, dan pengetahuan umum. Semuanya mengarah pada substansi yang akademik. Materi dalam pembelajaran BIPA bertujuan akademik perlu ditata lagi dan distandarkan agar pembelajaran BIPA bertujuan akademik dapat berjalan baik dan mendapat hasil sesuai yang diharapkan.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Hasil Penelitian Disertasi Doktor 2016
Uncontrolled Keywords: BIPA bertujuan akademik, materi ajar, pemetaan materi
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 25 Jan 2017 01:55
Last Modified: 25 Jan 2017 01:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46448

Actions (login required)

View Item View Item