PENANGANAN PERILAKU HIPERAKTIF PADA ANAK AUTIS DI PAUD INKLUSI AHSANU AMALA

Oktariana, Dewi Puspitasari (2016) PENANGANAN PERILAKU HIPERAKTIF PADA ANAK AUTIS DI PAUD INKLUSI AHSANU AMALA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
OKTARINA DEWI PUSPITASARI_09103241006.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini beranjak dari adanya perilaku hiperaktif pada anak autis di PAUD Inklusi Ahsanu Amala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : langkah-langkah penanganan perilaku hiperaktif pada anak autis di PAUD Inklusi Ahsanu Amala. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 1 siswa kelas TK A PAUD Inklusi Ahsanu Amala. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi dan wawancara. Keabsahan data menggunakan trianggulasi metode. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :langkah langkah penanganan perilku hiperaktif pada anak autis di PAUD Inklusi Ahsanu Amala yaitu identifikasi masalah, assesmen, diagnosis, perencanaan treatmen dan pelaksanaan treatmen. Identifikasi masalah dilakukan dengan menghimpun data, melakukan analisis dan klasifikasi, menginformasikan hasil analisis, menyelenggarakan pembahasan kasus. Asesmen yang dilakukan dengan cara wawancara dengan orang terdekat subjek dan observasi perilaku subjek. Diagnosis baru dilakukan oleh pihak guru di sekolah, sehingga masih perlu melibatkan pihak-pihak lain yang berkompeten seperti psikolog dan dokter ahli serta ahli autis. Perencanaan treatmen yang dilakukan berencana untuk memberikan hadiah dan hukuman serta mengikutsertakan teman sebaya (guru bekerjasama dengan murid lain- non ABK), memberikan aktifitas/ketrampilan kepada anak. Pelaksanaan treatmen yang dilakukan melakukan pelaksanakaan sesuai dengan yang direncanakan, melakukan evaluasi dan melakukan tindak lanjut.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 24 Jan 2017 03:51
Last Modified: 30 Jan 2019 13:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46409

Actions (login required)

View Item View Item