Laporan Akhir Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) SD NEGERI SENDANGADI 1

Ahmad Usup Trioono, Ahmad Usup Trioono (2016) Laporan Akhir Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) SD NEGERI SENDANGADI 1. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13108241183_AHMAD USUP TRIONO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di SD Negeri Sendangadi 1 berlangsung mulai tanggal 18 Juli sampai dengan 15 September 2016. Dengan kegiatan PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Secara umum, pelaksanaan kegiatan PPL berjalan baik sesuai dengan yang telah direncanakan. Bentuk pelaksanaan kegiatan PPL terdiri dari dua jenis program kegiatan, yaitu mengajar dan non mengajar. Program mengajar terbagi menjadi dua jenis, yaitu praktik mengajar terbimbing, dan mengajar mandiri. Selain itu di tunjang dengan pendampingan mengaja. Praktik mengajar terbimbing dilakukan empat kali dan mengajar mandiri dilakukan 4 kali. Masing-masing jenis praktik mengajar dilakukan di kelas rendah dan kelas tinggi.Program kegiatan non mengajar terdiri dari pengelolaan perpustakaan, rapat akreditasi, akreditasi.upacara rutin setiap senin, upacara 17-san, piket menyambut siswa, pengajian jumat pagi, membersihkan laboratorium IPA, mengisi buku induk, HAORNAS, masak-memasak Hari Raya Idul Adha, MC rapat wali muri, Pendampingan latian pildaci, imunisasi, menyambut presiden, dan simulasi bencana gempa bumi. Dari pelaksanaan kegiatan PPL di SD Negeri Sendangadi 1 maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL memberikan berbagai manfaat mulai dari memberikan banyak pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari kedalam proses pembelajaran di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah-sekolah yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktik Mengajar, SD Negeri Sendangadi 1.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 24 Jan 2017 02:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46401

Actions (login required)

View Item View Item