IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS 5 DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANGUNREJO 2

Okti, Liliani (2016) IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS 5 DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANGUNREJO 2. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
OKTI LILIANI_12103244059.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar membaca pada siswa tunagrahita kategori ringan kelas 5 di SD Negeri Bangunrejo 2. Penelitian ini menjelaskan kemampuan membaca pemahaman, kesulitan yang dihadapi siswa tunagrahita pada saat membaca dan usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa tunagrahita ringan kelas 5 di SD Negeri Bangunrejo 2. Objek penelitian difokuskan pada kegiatan membaca pada saat pembelajaran bahasa Indonesia. Data diperoleh dengan observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teknik Hasil penelitian menyimpulkan siswa tunagrahita di kelas 5 SD Negeri Bangunrejo 2 KSD dan RAM kurang mampu menjawab pertanyaan dengan benar namun ketika guru mengulang pertanyaan, menyederhanakan pertanyaan atau kalimat yang diberikan dan siswa mengulang kembali bacaan, siswa mampu menjawab pertanyaan guru meskipun jawaban yang diberikannya tidak maksimal. Kemampuan menjelaskan makna kata sukar dalam bacaan yang dimiliki oleh siswa sangat rendah dan belum dapat dikuasai. Kemampuan menceritakan kembali isi bacaan pada siswa tunagrahita ringan tergolong dalam kategori cukup, dikarenakan hanya sebagian isi bacaan yang mampu diceritakan siswa. Usaha guru untuk mengatasi kesulitan belajar membaca siswa tunagrahita di kelas 5 SD Negeri Bangunrejo 2 adalah guru melakukan berbagai latihan dan penugasan, diskusi berkelompok, mencari materi dari internet dan diberi gambar menarik yang sesuai dengan bacaan dan memberikan keterangan pada setiap gambar agar siswa tunagrahita mudah dalam memahami bacaan dan dapat menangkap makna.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 24 Jan 2017 07:58
Last Modified: 30 Jan 2019 13:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46399

Actions (login required)

View Item View Item