PENGEMBANGAN MEDIA ROBOT DENGAN SOFTWARE GUI UNTUK PENCAPAIAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SENSOR DAN AKTUATOR PADA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 2 PENGASIH

Agam, Setiawan (2015) PENGEMBANGAN MEDIA ROBOT DENGAN SOFTWARE GUI UNTUK PENCAPAIAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SENSOR DAN AKTUATOR PADA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 2 PENGASIH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi lengkap.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kelayakan media robot dengan software GUI yang digunakan pada mata pelajaran sensor dan aktuator; (2) mengetahui tingkat pencpaian hasil belajar pada ranah kognitif dengan menggunakan robot dengan software GUI pada mata pelajaran sensor dan aktuator di SMKN 2 Pengasih. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Developm dengan model pengembangan ADDIE yang dikombinasikan dengan water fall. Penelitian dilakukan di SMKN 2 Pengasih dengan subyek penelitian siswa kelas XI program keahlian Elektronika Industri. Instrumen penelitian menggunakan non-tes yaitu angket serta instrument tes yaitu pretest dan posttest .Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan dengan validasi produk oleh ahli, uji alpha oleh pengguna pertama dan uji beta oleh pengguna akhir.Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) kelayakan media pembelajaran robot dengan software GUI untuk mata pelajaran Sensor dan Aktuator, berdasarkan penilaian oleh ahli media mendapatkan rerata skor total 119,5 dari skor maksimum 128 dengan kategori “sangat layak”,penilaian oleh ahli materi mendapatkan rerata skor total 62 dari skor maksimum 76 dengan kategori “Sangat layak”,penilaian uji alpha diperoleh rerata skor total 61,6 dari skor maksimum 80 dengan kategori “layak”, dan penilaian uji beta diperoler rerata skor 61,67 dari skor maksimum 80 dengan kategori “Layak”,(2). Penggunaan media robot dengan software GUI dapat mencapai keberhasilan belajar dengan persentase kelulusan peserta sebesar 77,78%. Kata Kunci: ADDIE, Robot , Software GUI, Waterfall.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Jan 2017 01:57
Last Modified: 30 Jan 2019 12:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46356

Actions (login required)

View Item View Item