PERBEDAAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT ANTARA SISWA KELAS VII DENGAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA

Deby Kiswara, Murti (2016) PERBEDAAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT ANTARA SISWA KELAS VII DENGAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PHBS DEBY.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah adalah upaya untuk memberdayakan siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah agar tahu, mau dan mampu mempraktikan PHBS dan berperan aktif dalam mewujudkan sekolah sehat. Peserta didik yang sehat merupakan siswa yang tumbuh dan berkembang dengan baik seperti jiwanya berkembang sesuai umur, emosi positif meliputi bahagia dan gembira, memperhatikan kebersihan, pola hidup yang teratur serta dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Antara siswa kelas VII dengan kelas VIII di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode komparatif. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 9 Yogyakarta yang berjumlah 128 siswa. Uji coba instrumen dilaksanakan kepada 31 siswa kelas VII SMP Negeri 9 Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji prasyarat yang meliputi uji normalitas (0.200 > 0.05) dan uji homogenitas (0.191 > 0.05). Pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-test dengan tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan p < 0.05. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan yakni tidak terdapat perbedaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Antara siswa kelas VII dan kelas VIII di SMP Negeri 9 Yogyakarta, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0.838 yang berarti lebih besar dari 0.05 (0.838 > 0.05).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Jan 2017 01:22
Last Modified: 30 Jan 2019 12:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46318

Actions (login required)

View Item View Item