LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 2 DEPOK Jalan Dahlia Perumnas Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta

Siska Katiyasanti, Siska Katiyasanti (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP NEGERI 2 DEPOK Jalan Dahlia Perumnas Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
IPS_SISKA KATIYASANTI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 15 Juli – 15 September 2016 merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang professional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2016 ini adalah SMP Negeri 2 Depok Sleman. Kelompok PPL di lokasi tersebut terdiri dari 12 mahasiswa, 2 Program Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 2 Program Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 2 Program Pendidkan Kewarganegaraan, 2 Program Pendidkan Bahasa Inggris, 2 Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2 Program Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Praktik mengajar dilaksanakan dari tanggal 25 Juli, sebanyak 22 Pertemuan di kelas VIII dan sebanyak 35 pertemuan di kelas VII. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah saintifik. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatan-hambatan. Hambatan yang ditemui mahasiswa PPL adalah para siswa kelas VII yang belum memiliki buku K13 dikarenakan kurikulum yang berubah di awal masuk sekolah dan siswa yang belum memiliki LKS sebagai acuan untuk pelatihan soal-soal. Untuk mengatasi hambatan tersebut mahasiswa PPL memfotocopy setiap materi yang diajarkan dan membuat soal-soal untuk dibagikan ke siswa sebagai latihan disetiap materi.Dari pelaksanaan PPL dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan ketrampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, IPS, SMP Negeri 2 Depok.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Jan 2017 01:24
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46305

Actions (login required)

View Item View Item