Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Strategi Think-Talk-Write untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Andriani, Melly (2009) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Strategi Think-Talk-Write untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-melly-andriani-07712259065.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis strategi think-talk-write yang layak dan efektif; (2) mendeskripsikan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis strategi think-talk-write; dan (3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa Madrasah Ibtidaiyah dengan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran matematika berbasis strategi think-talk-write. Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model Borg & Gall dan Nana Syodih Sukmadinata yang dimodifikasi. Pengembangan perangkat tersebut dimulai dari tahap studi pendahuluan, desain produk, uji ahli dan praktisi , uji coba terbatas dan uji coba diperluas. Tahap uji produk dan penyebaran belum dilakukan dalam penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar observasi pengelolaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis strategi think-talk-write yang terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran, buku siswa, buku panduan guru, dan tes hasil belajar. Hasil validasi menunjukkan perangkat yang dikembangkan layak digunakan . Hasil uji coba menunjukkan bahwa pembelajaran dengan strategi think-talk-write dengan menggunakan perangkat yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan pembelajaran. Berdasarkan hasil pretest dan posttes pada uji coba yang dilakukan menunjukkan ada peningkatan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa. Kemampuan komunikasi siswa meningkat sebesar 4,15 point pada uji coba terbatas dan 4,27 point pada uji coba diperluas, dengan skor maksimum ideal 18 point. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa meningkat sebesar 10,15 point pada uji coba terbatas dan 11,19 point pada uji coba diperluas, dengan skor maksimum ideal 32 point.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 29 Aug 2012 16:30
Last Modified: 29 Jan 2019 04:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4630

Actions (login required)

View Item View Item