LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 KALASAN Bogem, Tamanmartani, Kalasan, Sleman

Yulia Nur Istiqomah, Yulia Nur Istiqomah (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 KALASAN Bogem, Tamanmartani, Kalasan, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
YULIA NUR ISTIQ0MAH_13803241078_PENDIDIKAN AKUNTANSI.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta memiliki sebuah program yang ditujukan bagi mahasiswa yang mengambil jurusan kependidikan yaitu program praktik pengalaman Lapangan (PPL). Salah satu misi yang dimiliki UNY yaitu menyiapkan tenaga kependidikan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai tenaga profesional. Untuk menyiapkan tenaga kependidikan tersebut UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan menjadi tenaga pendidik. Program PPL merupakan program yang harus ditempuh oleh mahasiswa karena menjadi salah satu syarat untuk menempuh gelar sarjana kependidikan selain tugas akhir. Program ini dilaksanakan oleh mahasiswa dengan diawali observasi ke lapangan, sehingga mengetahui kondisi yang ada di sekolah khususnya di SMA Negeri 1 Kalasan Sleman. Setelah mengetahui keadaan sekolah berdasarkan data yang telah terkumpul, disusunlah program kerja yang dapat menjadi pedoman dalam melaksanakan PPL berdasarkan skala prioritas, kebutuhan, dan waktu. Praktik mengajar dilakukan untuk melatih ketrampilan dan kemampuan mahasiswa dalam mengajar, berdasarkan bekal dan persiapan yang telah dilakukan. Pelaksanaan program PPL berlangsung berdasarkan rencana yang telah dibuat dan menerapkan ilmu berdasarkan pembelajaran mikro. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 s.d 15 September 2016. Mahasiswa praktik mengajar 3 kelas yaitu kelas X MIPA 3 (Jumat jam ke 3-5) dan X IPS 3 (Senin, jam ke 6-7 dan Selasa jam ke 7) dengan mata pelajaran ekonomi serta XII IPS 2 (Jum’at, jam ke 1-2 dan Sabtu, jam ke 8-9) dengan mata pelajaran akuntansi. Materi pokok yang diajarkan pada kelas X yaitu pengertian ilmu ekonomi, Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas), Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas, Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang (opportunity cost), Prinsip ekonomi, Motif ekonomi, Pembagian ilmu ekonomi, Ekonomi syariah, Masalah pokok ekonomi, Sistem ekonomi, dan Sistem perekonomian Indonesia. Sedangkan untuk kelas XII ialah Jurnal umum, Buku besar, Neraca saldo, Jurnal penyesuaian, Kertas kerja, Laporan keuangan, Jurnal penutup, dan Jurnal pembalik. Dalam kegiatan PPL ini, mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di bangku perkuliahan.Dalam pelaksanaan program tersebut, tidak pernah lepas dari hambatan-hambatan diantaranya bagaimana upaya untuk emningkatkan keaktifan siswa dengan kemampuan yang beraneka ragam.Hal ini menjadi salah satu tantangan bagi praktikan untuk mencari solusi atas hambatan yang terjadi misalnya dengan membuat metode pembelajaran dan media pembelajaran yang menarik minat belajar siswa.Adanya berbagai hambatan selama kegiatan PPL dapat diatasidengan baik karena adanya semangat dan motivasi dari guru pembimbing lapangan, dosen pembimbing lapangan, teman-teman satu tim dan berkat kerjasama yang baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, UNY, SMA Negeri 1 Kalasan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jan 2017 03:42
Last Modified: 01 Oct 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46270

Actions (login required)

View Item View Item