Analisis Kesalahan Siswa Kelas VI SD Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Berdasarkan Kompetensi Yang Sulit Pada UASBN Tahun Pelajaran 2007/2008 di Kecamatan Limboto

Karmawati, Karmawati (2009) Analisis Kesalahan Siswa Kelas VI SD Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Berdasarkan Kompetensi Yang Sulit Pada UASBN Tahun Pelajaran 2007/2008 di Kecamatan Limboto. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-karmawati-07712259048.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi jenis kesalahan siswa kelas VI SD dalam menyelesaikan soal-soal matematika berdasarkan kompetensi yang sulit pada UASBN tahun pelajaran 2007/2008 di kecamatan Limboto, (2) untuk mendeskripsikan letak kesalahan siswa kelas VI SD dalam menyelesaikan soal-soal matematika berdasarkan kompetensi yang sulit pada UASBN tahun pelajaran 2007/2008 di kecamatan Limboto, (3) untuk mendeskripsikan sumber kesalahan siswa kelas VI SD dalam menyelesaikan soal-soal matematika berdasarkan kompetensi yang sulit pada tahun pelajaran 2007/2008 di kecamatan Limboto. Penelitian merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI sekolah dasar (SD/MI) di Kecamatan Limboto yang berasal dari 34 sekolah yg terdiri dari 31 SD dan 3 MI. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Dari hasil tes, kemudian dipilih subjek penelitian melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara terhadap subjek untuk memperjelas jenis, letak, dan sumber kesalahan siswa. Analisis data dilakukan dengan menghitung jumlah kesalahan siswa, menganalisis hasil tes dan wawancara, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika berdasarkan kompetensi yang sulit pada UASBN tahun pelajaran 2007/2008 di Kecamatan Limboto meliputi: kesalahan membaca simbol pada soal, kesalahan pemahaman soal, kesalahan konsep, kesalahan transformasi, kesalahan prinsip, kesalahan melakukan operasi, kesalahan menentukan kedudukan benda, dan kesalahan karena kecerobohan. (2) letak kesalahan siswa meliputi: salah membaca simbol pada soal, salah menentukan apa yang diketahui dan yang ditanya pada soal, salah menentukan model matematika dan rumus untuk menyelesaikan soal, salah melakukan operasi dalam menyelesaikan soal, dan salah menggambar bangun datar, salah menentukan sifat-sifat bangun datar, salah menentukan arah yang berlawanan dengan jarum jam, dan salah menggambar bangun pada bidang cartesius. (3) sumber kesalahan siswa meliputi: kurang menguasai simbol matematika, kurang memahami makna soal, kurang menguasai model matematika dan rumus yang tepat untuk menyelesaikan soal, kurang menguasai operasi pecahan, kurang menguasai operasi hitung bilangan, kurang menguasai skala dan perbandingan, kurang menguasai pengukuran, kurang menguasai simetri putar, dan kurang menguasai cara menggambar bangun pada bidang cartesius.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 29 Aug 2012 16:30
Last Modified: 04 May 2017 09:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4627

Actions (login required)

View Item View Item