LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 KALASAN Bogem, Taman Martani, Kalasan, Sleman, DIY

SUSI ANDAYANI, SUSI ANDAYANI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 KALASAN Bogem, Taman Martani, Kalasan, Sleman, DIY. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SUSI ANDAYANI_13406241020_Pend. Sejarah.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman lapangan (PPL) adalah program yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik dan tenaga kependidikan. Program ini merupakan mata kuliah 3 SKS yang wajib ditempuh oleh mahasiswa jenjang S-1 kependidikan. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa yang akan menjalani profesi sebagai pendidik dalam rangka mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Oleh karena itu, mahasiswa dapat merasakan atmosfer dunia kependidikan secara langsung. Pelaksanaan PPL berlangsung selama kurang lebih 8 minggu (2 bulan), yaitu sejak tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016 di SMA N 1 Kalasan. Sejumlah 20 mahasiswa melaksanakan PPL di SMA N 9 Yogyakarta yang terdiri dari 10 program studi meliputi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bahasa Prancis, Bimbingan Konseling, PBSI, Pendidikan Seni Musik dan PJKR. Kegiatan ini dimulai dari observasi hingga pelaksanaan yang terbagi menjadi beberapa tahapan yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Selain itu kegiatan PPL juga mencakup praktik manajemen administrasi sekolah baik itu administrasi di bagian Tata Usaha (TU) maupun perpustakaan. Program mengajar yang dilakukan bervariasi, yaitu menggunakan metode ceramah interaktif, tanya jawab, diskusi, dan presentasi. Hasil dari kegiatan PPL, yaitu praktik mengajar selama empat puluh tujuh kali atau 94 jam mengajar di delapan kelas yaitu X MIPA 1, X MIPA 2, X MIPA 3, X MIPA 4, X MIPA 5, X IPS 1, X IPS 2 dan X IPS 3. Adapun hasil yang dicapai selama PPL ialah mahasiswa mendapat pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan berbagai hal mengenai manajemen administrasi sekolah. Selain itu, mahasiswa juga mendapat pengalaman merasakan secara langsung bagaimana menjadi guru dan menghadapi kondisi maupun situasi yang ada. Selama pelaksanaan dirasa tidak terdapat kendala yang begitu berarti. Hanya saja terdapat 2 Kompetensi Dasar (KD) yaitu KD 3.1 dan 3.2 yang belum ada di dalam buku pegangan buku siswa. Akan tetapi, hal tersebut tidak terlalu bermasalah karena mahasiswa dapat menggali materi dari berbagai sumber literatur lain untuk disampaikan kepada peserta didik. Dapat dikatakan, proses PPL mahasiswa UNY di SMA N 1 Kalasan berjalan dengan sangat lancar sesuai dengan rencana. Kegiatan PPL ini memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa. Aplikasi ilmu selama di kampus benar – benar diterapkan saat PPL berlangsung. Miskonsepsi yang dahulu diterima waktu mahasiswa berada di bangku kuliah dapat segera diperbaiki karena sudah memahami kendala dan solusinya di lapangan secara nyata. Mahasiswa juga belajar tentang pengelolaan sekolah beserta kultur sekolah secara sosial maupun profesional. Hal yang penting dari PPL ini adalah mahasiswa mendapatkan pengalaman berharga dan juga hubungan kekeluargaan dengan peserta didik dan masyarakat sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, SMA N 1 Kalasan, Sejarah
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jan 2017 02:19
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46261

Actions (login required)

View Item View Item