PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ROBOT BIPEDAL NAVIGASI ARAH BERBASIS GRAPHICAL USER INTERFACE UNTUK MENDUKUNG MATA KULIAH ROBOTIKA

Adhy Kurnia, Triatmaja (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ROBOT BIPEDAL NAVIGASI ARAH BERBASIS GRAPHICAL USER INTERFACE UNTUK MENDUKUNG MATA KULIAH ROBOTIKA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
skripsi full.pdf

Download (50MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui unjuk kerja robot bipedal navigasi arah sebagai pembelajaran; (2) mengetahui tingkat kelayakan robot bipedal navigasi arah sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika Universitas Negeri Yogyakarta pada pembelajaran robotika. Penelitian menggunakan instumen non-tes yaitu angket serta instrument tes yaitu pretest dan posttest .Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan dengan validasi produk oleh ahli, dan pada kelompok kecil. Tahap pengujian instrumen tes oleh mahasiswa pada kelas robotika. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah unjuk kerja dari robot bipedal navigasi arah dapat menunjukan arah dari robot dan dapat memposisikan diri kearah tujuan yang diharapkan dengan satuan derajat dengan toleransi -10 dan 10 derajat, Tingkat kelayakan dari robot bipedal navigasi arah bila ditinjau dari media dan materi pembelajaran yang memiliki lima aspek, yaitu : (1) aspek kemanfaatan media dengan hasil rata-rata 26,625 dari 32 sehingga dinyatakan sangat layak, (2) aspek perangkat media dengan hasil rata-rata 29,875 dari 40 sehingga dinyatakan layak (3) aspek kemudahan dengan hasil rata-rata 12,5 dari 16 sehingga dinyatakan layak, (4) aspek relevansi materi pembelajaran dengan tujuan pembelajaran dengan hasil rata-rata 37,875 dari 48 sehingga dinyatakan layak, (5) aspek teknis media pembelajaran dengan hasil rata-rata 18,125 dari 24 sehingga dinyatakan layak dan dapat meningkatkan nilai rata-rata dari tahun lalu dengan nilai rata-rata 70,94 menjadi sebesar 74,69. Kata Kunci: ADDIE, GUI, Robot bipedal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT UNY
Date Deposited: 20 Jan 2017 03:55
Last Modified: 20 Jan 2017 03:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46219

Actions (login required)

View Item View Item