PENGEMBANGAN ROBOT PENJELAJAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM ROBOTIK DI SMK NEGERI 2 PENGASIH

Ikhsannudin, Wahyu (2016) PENGEMBANGAN ROBOT PENJELAJAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM ROBOTIK DI SMK NEGERI 2 PENGASIH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
11519241015_Wahyu.Ikhsannudin_Skripsi.pdf

Download (374MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Merancang dan membangun robot penjelajah sebagai media pembelajaran Perekayasaan Sistem Robotik di SMK Negeri 2 Pengasih; (2) Mengetahui unjuk kerja media pembelajaran yang dihasilkan layak digunakan dalam proses pembelajaran; (3) Mengetahui kelayakan dan hasil uji coba media pembelajaran robot penjelajah terhadap siswa SMK Negeri 2 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan 4-D Models dengan empat tahapan yaitu, (1) Pendefinisian (Define); (2) Perancangan (Design); (3) Pengembangan (Develop); (4) Penyebaran (Diseminate). Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Kuisioner untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Produk pengembangan media pembelajaran robot penjelajah di SMK Negeri 2 Pengasih dikembangkan berdasarkan model pengembangan 4-D Models; (2) Berdasarkan penilaian dari ahli media, kelayakan media robot penjelajah mencapai skor rata-rata 70,5 dengan presentase 92,763%. Hal ini dapat diartikan bahwa ahli media menyatakan media robot penjelajah dalam kategori sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan penilaian dari ahli materi, kelayakan media robot penjelajah mencapai nilai rata-rata 64 dengan presentase 84,211%. Hal ini dapat diartikan bahwa ahli materi menyatakan media robot penjelajah dalam kategori layak digunakan sebagai media pembelajaran. (3) Berdasarkan penilaian keseluruhan aspek angket respon oleh siswa memperoleh nilai rata-rata 59.750 dengan presentase 82.986%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas produk yang dikembangkan adalah baik digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan, Robot penjelajah, Perekayaaan Sistem Robotik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 Jan 2017 03:07
Last Modified: 30 Jan 2019 12:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46195

Actions (login required)

View Item View Item