Utami, Vyta Andri Setyo (2016) PENGEMBANGAN MODUL PENGAYAAN KEANEKARAGAMAN PISANG UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA. S1 thesis, UNY.
|
Text
VYTA ANDRI SETYO UTAMI.pdf Download (604kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas Pengembangan Modul Pengayaan Keanekaragaman Pisang untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Kualitas dan efektifitas ditinjau dari beberapa aspek berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru biologi dan tanggapan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model analysis, design, development and production, impementation, and evaluation (ADDIE) yang dikembangkan menjadi analysis, design, development and production (ADD). Modul pengayaan Keanekaragaman Pisang untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa sebelumnya telah disunting oleh 2 dosen ahli materi, 2 dosen ahli media, dan 1 guru biologi. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2016 di SMA Negeri 1 Sewon, Bantul. Penilaian kelayakan dan efektifitas modul pengayaan dilakukan melalui tahap uji coba terbatas dengan subyek penelitian 15 siswa kelas X SMAN 1 Sewon, Bantul. Penilaian dilakukan dengan melakukan pengisian instrumen penilaian dengan sistem penilaian dalam bentuk skala likert dan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa dilakukan dengan mengerjakan soal evaluasi 1, soal evaluasi 2, dan melaksanakan kegiatan pembelajaran di Kebun Plasma Nutfah Pisang Yogyakarta (KPNPY). Hasil penelitian menunjukkan kelayakan modul pengayaan Keanekaragaman Pisang untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan penilaian oleh dosen ahli materi dan guru biologi berada pada kategori “sangat baik” . Penilaian kelayakan modul pengayaan dosen ahli media dan tanggapan siswa berada pada kategori “baik”. Untuk penilaian berpikir kritis dari 6 indikator yang ada siswa menunjukkan penilaian pada kategori “baik”. Sehingga modul pengayaan Keanekaragaman Pisang layak digunakan dalam pembelajaran dan berpotensi efektif dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA. Kata kunci : keanekaragaman pisang, keterampilan berpikir kritis, modul pengayaan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Admin Biologi FMIPA |
Date Deposited: | 20 Jan 2017 02:26 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:54 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46185 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |