KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN DALAM KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI KABUPATEN KULON PROGO PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DITINJAU BERDASARKAN POTENSI PESERTA DIDIK

Hasanah, Fika Nur (2016) KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN DALAM KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI KABUPATEN KULON PROGO PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DITINJAU BERDASARKAN POTENSI PESERTA DIDIK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
FIKA NUR HASANAH.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan kemampuan berpikir divergen peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo dalam keterampilan proses sains ditinjau dari potensi peserta didik serta peninjauan lebih lanjut dari faktor gender, lama guru mengajar, dan latar belakang pendidikan guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggambarkan bagaimana kemampuan divergen peserta didik dalam keterampilan proses sains. Metode yang digunakan adalah metode survey. Penelitian dilaksanakan mulai bulan Desember 2015 hingga Maret 2016. Sampel penelitian adalah salah satu kelas X dan XI SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo serta guru biologi yang mengampu kelas tersebut. Teknik pengambilan sampel baik guru maupun peserta didik menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan perangkat tes, wawancara tidak terstruktur, angket guru, dan dokumentasi berupa pengumpulan daftar nilai Ujian Nasional IPA SMP peserta didik. Data akan dianalisis dengan analisis diskriptif. Hasil penelitian mengemukakan bahwa kemampuan berpikir divergen dalam keterampilan proses sains peserta didik SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo termasuk sedang. Potensi peserta didik tidak berpengaruh terhadap kemampuan berpikir divergen peserta didik dalam keterampilan proses sains. Perbedaan gender, latar belakang pendidikan guru, dan lama guru mengajar tidak berpengaruh bagi potensi peserta didik terhadap kemampuan berpikir divergen peserta didik dalam keterampilan proses sains. Kata Kunci: berpikir divergen, keterampilan proses sains, potensi peserta didik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 20 Jan 2017 02:20
Last Modified: 30 Jan 2019 12:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46178

Actions (login required)

View Item View Item