LAPORAN PRAKTIK PENGAJARAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI TURI Jl. Turi-Tempel, Gununganyar, Donokerto, Turi, Sleman, D.I.Yogyakarta 55551 Telp. (0274)4461539 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Ririh Ratiwi, Ririh Ratiwi (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGAJARAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI TURI Jl. Turi-Tempel, Gununganyar, Donokerto, Turi, Sleman, D.I.Yogyakarta 55551 Telp. (0274)4461539 TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13302241069 - RIRIH RATIWI - PENDIDIKAN FISIKA.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan dalam rangka menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa dalam proses belajar mengajar sesuai dengan bidang keahlian masing – masing. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman yang nyata dalam proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, dan untuk mengembangkan potensi diri mahasiswa sebagai tenaga keguruan yang profesional. Dalam hal ini, Praktik Pengenalan Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2016 berlokasi di SMA Negeri 1 Turi telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 Juli-15 September 2016. Program PPL mencakup beberapa kegiatan, antara lain: Observasi Kelas, Persiapan Mengajar, Pembuatan Perangkat Pembelajaran (RPP dan Kisi-Kisi Instrumen Penilaian), Praktik Kegiatan Belajar Mengajar, Membuat Media, Penilaian, dan pelaksanaan pembelajaran insidental serta berbagai kegiatan sekolah lainnya. Sebelum mahasiswa diterjunkan ke sekolah, mahasiswa terlebih dahulu mendapatkan pembekalan dan kuliah microteaching. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan di kelas XI IPA 1 dengan jumlah pertemuan sebanyak 18 kali dengan mengacu pada KTSP. Kegiatan praktik mengajar juga dilaksanakan di kelas X MIPA 2 dengan jumlah pertemuan sebanyak 12 kali dengan mengacu pada Kurikulum 2013. Praktik mengajar juga dilakukan di kelas XI IPA 2, X IPS 1 dan X IPS 2 sebagai praktik mengajar insidental. Selama kegiatan PPL berlangsung baik program kelompok maupun program individu di bidang akademik, non-akademik, serta kesiswaan sangat membantu mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu pada bidang manajerial dan administrasi di sekolah. Program yang dilaksanakan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi sekolah, serta juga bermanfaat bagi mahasiswa PPL. Terlaksananya program PPL ini juga tidak terlepas dari dukungan dan bantuan pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Kegiatan Praktik Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Jan 2017 00:22
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46154

Actions (login required)

View Item View Item