ANDIKA WULANSARI, ANDIKA WULANSARI (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGAJARAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 18 JULI 2016 – 15 SEPTEMBER 2016 TAHUN PELAJARAN 2016/2017 LOKASI SMA NEGERI TURI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
12206244011 - ANDIKA WULANSARI - PEND SENI RUPA.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) / Magang III merupakan pembentukan dan peningkatan kemampuan profesional. Kegiatan ini termasuk lingkup PPL / Magang III diarahakan ke pelatihan pengalaman profesionalisme pembelajaran. Pendidikan seni rupa itu sendiri merupakan studi yang mengarah dalam bidang ketrampilan dan kreativitas manusia dalam hal mengembangkan imajinasi serta output imajinasi tersebut. Dalam kegiatan PPL / Magang III ini dimaksudkan untuk peningkatan ketrampilan, kreativitas serta pemahaman mengenai berbagai aspek seni rupa peserta didik dan dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga kependidikan yang bertugas memberikan bimbingan serta pengetahuan seni rupa di sekolah yang profesional. Pelaksanaan program PPL dimulai dari tanggal 18 Juli sampai dengan 15 September 2016. Selama kegiatan praktık kerja lapangan, praktikan melaksanakan berbagai kegiatan mengajar dan non mengajar yang bertujuan untuk mengembangkan profesionalisme kerja mahasiswa sebagai pendidik serta membantu ketenagakerjaan di SMA Negeri 1 Turi dalam bidang Seni Rupa maupun lainnya. Pada realisasinya kegiatan mengajar berjalan sesuai dengan target yang sudah direncanakan. Program yang diselenggarakan pada kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), disusun untuk mengoptimalkan perkembangan dan potensi yang dimiliki siswa. Selain itu, kegiatan PPL / Magang III ini bertujuan untuk melatih praktikan sebelum menghadapi lapangan kerja yang sesungguhnya. Dengan demikian, praktikan memiliki keterampilan dalam menangani berbagai tugas sebagai calon guru pembimbing khususnya dan tenaga kependidikan pada umumnya, mengatur program kerja serta metode pengajaran bidang seni rupa, dan memberikan pengalaman praktik serta materi yang cukup untuk peserta didik bidang seni rupa sehingga menghasilkan input dan output yang trampil, kreatif, serta menghargai seni dengan semestinya.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktik Pengalaman Lapangan, PPL / Magang III, Pendidikan, Seni Rupa |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 19 Jan 2017 00:13 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46150 |
Actions (login required)
View Item |