LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi SMA Angkasa Adisutjipto Jl. Raya Janti Komplek AURI Lanud. Adisutjipto Yogyakarta 55002 Telp. 564466

M. Reza Abdulloh, M. Reza Abdulloh (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi SMA Angkasa Adisutjipto Jl. Raya Janti Komplek AURI Lanud. Adisutjipto Yogyakarta 55002 Telp. 564466. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
M. Reza Abdulloh_Pendidikan Bahasa Perancis_13204241001.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta Semester Khusus Tahun 2016 yang berlokasi di SMA Angkasa Adisutjipto Jl.Janti Komplek AURI Lanud. Adisutjipto Yogyakarta dilaksanakan dari tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Praktik mengajar dilaksanakan oleh 16 orang mahasiswa yang berasal dari program Pendidikan Bahasa Prancis, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bahasa Indonesia dan Pendidikan Fisika. Setiap mahasiswa didampingi oleh guru pembimbing atau pengampu mata pelajaran sesuai dengan program studi setiap mahasiswa PPL. Untuk Praktik mengajar Bahasa Prancis sendiri dilakukan oleh 4 mahasiswa dari program Pendidikan Bahasa Prancis. Setiap mahasiswa diberikan wewenang untuk menangani satu kelas. Saya diberi wewenang untuk memegang kelas XI IPA 2, Selama PPL setiap mahasiswa bahasa Prancis diberikan kesempatan untuk mengajar selama 8 kali pertemuan. Praktik mengajar sendiri dilaksanakan pada hari setiap Kamis. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib berbobot 3 sks. PPL sendiri suatu langkah yang dapat memberikan pengalaman berharga kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan hasil nyata selama mengikuti perkuliah, langsung di sekolah. Praktik pengalaman lapangan ini bertujuan memberi pengalaman mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga sehingga dapat mengenal, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan kelembagaan yang dijadikan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik dan demi kemajuan pendidikan di Indonesia. Diharapkan dengan adanya PPL, mahasiswa mampu untuk melatih sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik atau pengajar. Selain itu mahasiswa juga belajar mengenal lingkungan sekolah dengan segenap persoalannya dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menemukan solusi dari setiap masalah yang dihadapi atau ditemukan di sekolah. Dalam hal ini, selama penyusun melaksanakan praktik pengalaman lapangan di SMA Angkasa Adisutjipto.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Jan 2017 01:00
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46053

Actions (login required)

View Item View Item