Kontribusi Persepsi Guru Tentang Kompetensi Kepala Sekolah dan Pengalaman Mengajar Terhadap Kinerja Guru Sains SMP Negeri di Kabupaten Fakfak Papua Barat

Winarno, Sri (2010) Kontribusi Persepsi Guru Tentang Kompetensi Kepala Sekolah dan Pengalaman Mengajar Terhadap Kinerja Guru Sains SMP Negeri di Kabupaten Fakfak Papua Barat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-winarno-08708251026.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) besarnya kontribusi persepsi guru tentang kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru sains SMP Negeri di Kabupaten Fakfak Papua Barat, (2) besarnya kontribusi persepsi guru tentang kompetensi supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru sains SMP Negeri di Kabupaten Fakfak Papua Barat, (3) besarnya kontribusi pengalaman mengajar terhadap kinerja guru sains SMP Negeri di Kabupaten Fakfak Papua Barat, dan (4) besarnya kontribusi persepsi guru tentang kompetensi manajerial kepala sekolah, kompetensi supervisi kepala sekolah, dan pengalaman mengajar secara bersama-sama terhadap kinerja guru sains SMP Negeri di Kabupaten Fakfak Papua Barat. Jenis penelitian adalah penelitian korelasional dengan menggunakan analisis secara kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru mata pelajaran sains SMP Negeri di Kabupaten Fakfak, sebanyak 15 orang. Mengingat jumlah populasi hanya 15, yakni kurang dari 100, maka seluruh populasi dijadikan subyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis regresi. Variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah kinerja guru sains, sedangkan variabel bebas (X) adalah persepsi guru tentang kompetensi manajerial kepala sekolah (X1), persepsi guru tentang kompetensi supervisi kepala sekolah (X2), dan pengalaman mengajar (X3). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) persepsi guru tentang kompetensi manajerial kepala sekolah memiliki kontribusi positif terhadap kinerja guru sains SMP Negeri, sebesar 74,7%; (2) persepsi guru tentang kompetensi supervisi kepala sekolah memiliki kontribusi positif terhadap kinerja guru sains SMP Negeri, sebesar 56,5%; (3) pengalaman mengajar memiliki kontribusi positif terhadap kinerja guru sains SMP Negeri, sebesar 55,9%; dan (4) persepsi guru tentang kompetensi manajerial kepala sekolah, persepsi guru tentang kompetensi supervisi kepala sekolah, dan pengalaman mengajar secara bersama-sama memiliki kontribusi positif terhadap kinerja guru sains SMP Negeri di kabupaten Fakfak Papua Barat, sebesar 75,6%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: persepsi guru, kompetensi kepala sekolah, pengalaman mengajar, kinerja guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2017 03:30
Last Modified: 29 Jan 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45989

Actions (login required)

View Item View Item