LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Nama Lokasi: SMK Negeri 1 Godean Alamat: Kowanan, Sidoagung, Godean, Sleman, D.I.Yogyakarta 15 Juli - 15 September 2016

ISNAWATI PRATIWI, ISNAWATI PRATIWI (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Nama Lokasi: SMK Negeri 1 Godean Alamat: Kowanan, Sidoagung, Godean, Sleman, D.I.Yogyakarta 15 Juli - 15 September 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Isnawati Pratiwi.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program Universitas Negeri Yogyakarta, tempat wahana dalam membentuk calon guru atau tenaga pendidik yang profesional dan cakap dalam dunia pendidikan. Terdapat 3 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang terbagi menjadi 8 kali pertemuan. Pelaksanaan belajar mengajar dilaksanakan di Laboratorium Komputer yang di dalamnya terdapat Monitor, CPU, Kabel LAN dan lain-lain, yang digunakan sebagai media belajar siswa. Evaluasi Pembelajaran dilaksanakan dengan pemberian tugas berupa tes tulis maupun ujian. Observasi Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan secara bersama-sama oleh seluruh anggota PPL SMK Negeri 1 Godean. Observasi kelas dan pengajaran dilakukan bersama teman satu program studi Informatika. Kegiatan konsultasi kepada Guru Pembimbing dilakukan setiap minggu diawal kegiatan pengajaran oleh mahasiswa praktikkan. Pelaksanaan Belajar Mengajar, Pengajaran Mandiri dilaksanakan tanpa Guru Pembimbing Lapangan. Evaluasi dilaksanakan dengan cara pemberian tugas, setelah itu tugas dikoreksi. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli – 15 September 2016 bertempat di SMK Negeri 1 Godean bertempat di Jalan Kowanan, Sidoagung, Godean, Sleman, D.I. Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar dan evaluasi hasil mengajar. Dalam pelaksanaan PPL ini penulis mengajar kelas XII Multimedia pada mata pelajaran Produktif Multimedia. Tujuan utama dari kegiatan PPL ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang nyata dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensi. Kegiatan Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata baik dalam bentuk pengalaman mengajar maupun pengalaman dalam mengenali dan mengatasi berbagai permasalahan yang timbul di lingkungan sekolah. Semua pengalaman ini semoga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik dan dapat dijadikan bekal dalam pengabdian diri di masyarakat di masa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMK Negeri 1 Godean
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 17 Jan 2017 02:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45979

Actions (login required)

View Item View Item