Pengaruh Penggunaan Metode Hypnoteaching terhadap peningkatan Motivasi dan Nilai Membaca Siswa pada Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Unggul Tenggarong.

Zainuddin, Mumammad (2016) Pengaruh Penggunaan Metode Hypnoteaching terhadap peningkatan Motivasi dan Nilai Membaca Siswa pada Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Unggul Tenggarong. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-zainuddin-14716251013.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan metode Hypnoteaching dalam peningkatan motivasi siswa, (2) pengaruh penggunaan metode Hypnoteaching terhadap nilai membaca siswa dan (3) pengaruh penggunaan metode Hypnoteaching terhadap peningkatan motivasi belajar dan nilai membaca siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experimental dengan pretest and posttest control group design. Penelitian ini diselenggarakan di Kelas XI pada Madrasah Aliyah Negeri Unggul Tenggarong tahun pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah semua mahasisawa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Unggul Tenggarong , dan sampel sejumlah 62 mahasiswa ditentukan dengan teknik cluster sampling nonrandomized. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI Agama 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas control. Variabel dalam penelitian ini ada tiga variabel, variabel pertama adalah variabel bebas X, penggunakan metode hypnoteaching, variabel kedua adalah variabel terikat Y1, prestasisisca dalam membaca, dan Y2, motivasi mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Data di kumpulkan menggunaan means score dan non-test, menggunakan Multivariate Analyses of Variance (MANOVA) pada taraf singnifikansi 95 % (p=0,05). Hasil penelitian ini adalah seberikut. (1) terdapat perbedaan pada motivasi belajar siswa setelah di berikan pembelajaran menggunakan metode hypnoteaching. Nilai Mean Post-test pada kelas eksperimen adalah 89.09 yang mana nilai tersebut lebih besar daripada nilai Mean Post-test pada kelas kontrol 177.79, dan nilai hitung MANOVA dengan nilai F = 7.248 dan nilai p = 0.009 yang mana nilai tersebut kurang dari p =0,05. (2) terdapat perbedaan pada nila Reading siswa setelah di berikan pembelajaran menggunakan metode hypnoteaching. Nilai Mean Post-test pada kelas eksperimen adalah 59.9357 yang mana nilai tersebut lebih besar daripada nilai Mean Post-test pada kelas kontrol 56.000, dan nilai hitung MANOVA dengan nilai F = 5.909 dan nilai p = 0.018 yang mana nilai tersebut kurang dari p =0,05. (3) metode hypnoteaching mempengaruhi nilai Reading dan Motivasi belajar siswa setelah di berikan metode tersebut dengan nilai Wilks’Lambda (F-value = 6.963) dan sig = 0.02< 0.05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode hypnoteaching efektif untuk meningkatkan nilai Reading dan Motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Hypnoteaching, reading, motivasi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Jan 2017 07:32
Last Modified: 09 May 2019 07:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45919

Actions (login required)

View Item View Item