Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Siswa SMP N 3 Purworejo Kelas VII Melalui Materi Kalor

Widyastuti, Sri Wahyu (2010) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Siswa SMP N 3 Purworejo Kelas VII Melalui Materi Kalor. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-wahyu-widyastuti-08708251023.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS yang dapat mengembangkan keterampilan berpikir siswa sehingga layak untuk pembelajaran siswa SMP N 3 Purworejo Kelas VII, ditinjau dari aspek isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan serta mengetahui dampak penggunaan lembar kegiatan siswa terhadap ketercapaian keterampilan berpikir siswa. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D dengan tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Tahap diseminasi pada penelitian ini hanya sampai pada tahap desiminasi terbatas. Subjek coba pada penelitian ini adalah siswa SMP N 3 Purworejo sejumlah 58 orang dengan rincian: 10 siswa untuk uji coba terbatas dan 48 siswa untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, sebaran jawaban siswa pada LKS, tes (pre-test dan post-test), dan lembar observasi. Masukan terhadap LKS hasil pengembangan pada tahap uji coba terbatas digunakan untuk dasar perbaikan LKS pada uji coba tahap berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan peneliti ditinjau dari aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, aspek penyajian, dan aspek kegrafikaan baik menurut ahli, guru sains, maupun teman sejawat secara umum berkategori baik. Penerapan LKS dalam pembelajaran secara umum dapat terlaksana. Respon siswa terhadap penggunaan LKS dalam pembelajaran adalah sangat setuju. Pembelajaran dengan LKS yang dikembangkan peneliti dapat mengembangkan keterampilan berpikir siwa yang ditunjukkan oleh peningkatan presentase rata-rata ketercapaian hasil belajar siswa tiap LKS sebesar 79,29 untuk LKS 1, 65,83 untuk LKS 2, 82,63 untuk LKS 3, 94,08 untuk LKS 4, dan 93,83 untuk LKS 5. Pembelajaran juga mampu mengembangkan keterampilan siswa dalam mendesain sebuah eksperimen sederhana.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kegiatan Siswa, keterampilan berpikir siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2017 06:15
Last Modified: 29 Jan 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45907

Actions (login required)

View Item View Item