Rohmana Sulik Setyo M. W., Rohmana Sulik Setyo M. W. (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN(PPL) SMA NEGERI 1 MINGGIR Alamat: Pakeran, Sendangmulyo, Minggir, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
ROHMANA SULIK.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Jurusan Kependidikan adalah Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Salah satu tujuan dari Praktek Pengalaman Lapangan ini adalah sebagai wadah bagi mahasiswa kependidikan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku perkuliahan. Pelaksanaan PPL tentunya sangat membantu mahasiswa dalam mempersiapkan diri di dunia kerja, hal tersebut dikarenakan PPL sendiri mampu menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan secara profesional. Salah satu lokasi yang digunakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta dalam pelaksanaan PPL kali ini adalah di SMA Negeri 1 Minggir, dengan masa PPL selama dua bulan terhitung sejak tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan pelaksanaan PPL diawali dengan observasi ke sekolah guna melihat bagaimana kondisi sekolah yang akan digunakan untuk praktek. Setelah mengetahui kondisi awal kelas dan kurikulum yang akan digunakan di tahun ajaran berikutnya, peserta PPL melanjutkan kegiatan Micro teaching di kampus selama satu semester penuh guna mempersiapkan diri di lapangan nantinya. Selain itu, pembuatan perangkat pembelajaran hingga evaluasi pembelajaran juga dipersiapkan guna memperlancar kegiatan PPL. Pelaksanaan PPL kali ini mendapat kesempatan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas X MIPA 2, X IPS 1, dan X IPS 2. Kurikulum yang digunakan oleh ketiga kelas ini adalah Kurikulum 2013 Revisi sehingga penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan perangkat lainnya disesuaikan berdasarkan kurikulum. Proses pembelajaran selama praktek mengajar kali ini menggunakan beberapa metode pembelajaran, yaitu: Make a Match, Ceramah, dan diskusi kelompok. Selain itu, media pembelajaran yang digunakan adalah kartu soal dan jawab, TTS, potongan koran, dan Power Point. Dalam proses pembelajaran, setiap minggu siswa mendapatkan pelajaran sosiologi sebanyak 3 jam pelajaran dengan dua kali tatap muka dalam seminggu. Mahasiswa praktekkan ini mendapatkan kesempatan mengajar selama 4 minggu efektif dengan satu kali pertemuan ulangan di masing-masing kelas. Kegiatan PPL menghasilkan beberapa hal, yaitu pengalaman nyata mengenai bagaimana cara membuat dan menyusun perangkat pembelajaran, cara pengelolaan kelas, serta bagaimana proses pembelajaran yang sesungguhnya.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktek Pengalaman Lapangan, Proses Pebelajaran. |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 02:33 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:39 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45880 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |