Arvin Heri, Wicaksono (2016) PENGEMBANGAN TRAINER KIT SENSOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN SENSOR DAN AKTUATOR DI SMK NEGERI 2 PENGASIH. S1 thesis, UNY.
|
Text
SKRIPSI_10518244029_ARVIN HERI W.pdf Download (57MB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tugas Akhir Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui unjuk kerja, tingkat kelayakan media pembelajaran Trainer Kit Sensor, serta mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah dilakukan upaya pembelajaran menggunakan media pembelajaran Trainer Kit Sensor pada mata pelajaran sensor dan aktuator di SMK Negeri 2 Pengasih. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) ADDIE yang dikemukakan oleh Robert Maribe Branch, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Tahap Analysis didapatkan media pembelajaran sensor dan aktuator masih berupa komponen terpisah dan siswa harus dirangkai terlebih dahulu sebelum digunakan untuk praktikum. Kekurangan dari media yang sudah ada yaitu masih banyak terjadi kesalahan dalam merangkai sensor yang akan digunakan praktikum. Tahap Design merupakan langkah untuk merencanakan media yang akan dikembangkan sesuai permasalahan yang ditemukan pada tahap Analysis. Pada tahap Development, media yang sudah terbentuk secara nyata menjalani beberapa ujicoba untuk kemudian dilakukan validasi dan ujicoba terbatas. Tahap Implementation dilakukan pada kelas XI Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Pengasih. Tahap Evaluation menggunakan instrumen angket dengan skala Likert empat pilihan untuk mengukur persepsi responden terhadap Trainer Kit Sensor. Hasil pengujian unjuk kerja trainer kit sensor, diketahui modul sensor dapat bekerja dengan baik yaitu mampu mendeteksi perubahan objek masing-masing sensor. Hasil penelitian pada tahap uji kelayakan oleh ahli materi dan media mendapatkan kategori “Sangat Layak”. Hasil penelitian uji kelayakan oleh pengguna, media pembelajaran Trainer Kit Sensor ditinjau dari tiga aspek yaitu: (1) aspek materi mendapatkan persentase skor 85,16%; (2) aspek pembelajaran mendapatkan persentase skor 83,33%; (3) aspek teknis mendapatkan persentase skor 82,48%. Total penilaian semua aspek mendapatkan persentase skor 83,66% dengan kategori “Sangat Layak”. Pada penelitian pencapaian hasil belajar didapatkan nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan trainer kit sensor sebesar 57,54 dan nilai rata-rata siswa sesudah menggunakan trainer kit sensor sebesar 78,68 dengan selisih rata-rata sebesar 21,14. Kata Kunci : ADDIE, media pembelajaran, Trainer Kit Sensor
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 01:52 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45871 |
Actions (login required)
View Item |