Penerapan Subject Specific Pedagogy (SSP) Sains SD Kelas 5 dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Karakter Siswa

Suprihatiningrum, Jamil (2010) Penerapan Subject Specific Pedagogy (SSP) Sains SD Kelas 5 dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Karakter Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-jamil-suprihatiningrum-08708251009.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter siswa kelas 5 SD Negeri Patuk I Gunungkidul Yogyakarta melalui penerapan Subject Specific Pedagogy (SSP) Sains dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan Classroom Action Research yang dilakukan dalam 4 siklus dengan Materi Pembelajaran Fotosintesis, Penyesuaian Diri pada Hewan, Penyesuaian Diri pada Tumbuhan, dan Perubahan Sifat Benda. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, lembar observasi implementasi nilai, lembar angket siswa, guru, dan orang tua siswa, serta pedoman wawancara kepada siswa, guru, dan kepala sekolah. Tes hasil belajar dianalisis dengan menghitung rata-rata skor ulangan harian tiap siklus. Lembar observasi dan angket dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Jenis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan SSP melalui pendekatan kontekstual dan hasilnya berupa hasil belajar siswa (nilai ulangan harian) serta peningkatan karakter siswa yang dibatasi pada implementasi nilai ketaatan beribadah, tanggung jawab, kemandirian, dan kreativitas. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini dibedakan menjadi 2, yaitu secara kualitatif dan kuantitatif. Secara kualitatif, tindakan dikatakan berhasil jika pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa dan terimplementasinya 4 nilai (ketaatan beribadah, tanggung jawab, kemandirian, dan kreativitas). Kriteria kuantitatif yaitu jika rata-rata ulangan harian siswa telah mencapai 76 – 99% atau siswa yang mencapai KKM > 75% dan rata-rata skor aktual hasil observasi implementasi keempat nilai tersebut mencapai 76 – 99% atau 69,92 – 91,08. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas 5 SD Negeri Patuk I Gunungkidul Yogyakarta dapat ditingkatkan melalui penerapan SSP sains dengan pendekatan kontekstual. Rata-rata hasil belajar yang diinginkan tercapai pada siklus III sebesar 81,74 melalui tindakan pelaksanakan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual melalui metode ceramah dan simulasi. Implementasi nilai ketaatan beribadah, tanggung jawab, kemandirian, dan kreativitas siswa kelas 5 SD Negeri Patuk I Gunungkidul Yogyakarta dapat ditingkatkan melalui penerapan SSP sains dengan pendekatan kontekstual. Peningkatan implementasi nilai-nilai yang ingin dicapai terjadi pada siklus IV, dimana guru telah melaksanakan komponen pembelajaran kontekstual sebesar 95%. Skor implementasi nilai ketaatan beribadah, tanggung jawab, kemandirian, dan kreativitas berturut-turut sebesar 71,0; 71,00; 72,00; dan 74,00.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Subject Specific Pedagogy (SSP), Sains, pendekatan kontekstual, hasil belajar, karakter siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2017 05:50
Last Modified: 29 Jan 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45851

Actions (login required)

View Item View Item