Kontribusi Kompetensi Guru Sains Terhadap Prestasi Belajar Sains Siswa SMP Kelas VII SMP se- Kabupaten Timor Tengah Utara

Oetpah, Finsensius (2010) Kontribusi Kompetensi Guru Sains Terhadap Prestasi Belajar Sains Siswa SMP Kelas VII SMP se- Kabupaten Timor Tengah Utara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-finsensius-oetpah-08708251008.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui besarnya kontribusi kompetensi pedagogik guru sains terhadap prestasi belajar sains siswa SMP se- Kabupaten Timor Tengah Utara,(2) mengetahui besarnya kontribusi kompetensi kepribadian guru sains terhadap prestasi belajar sains siswa SMP se- Kabupaten Timor Tengah Utara, (3) mengetahui besarnya kontribusi kompetensi sosial guru sains terhadap prestasi belajar sains siswa SMP se- Kabupaten Timor Tengah Utara, (4) mengetahui besarnya kontribusi kompetensi profesional guru sains terhadap prestasi belajar sains siswa SMP se- Kabupaten Timor Tengah Utara, dan (5) mengetahui besarnya kontribusi kompetensi pedagogik, kompetensi, kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SMP Se- Kabupaten Timor Tengah Utara. Jenis penelitian adalah penelitian korelasional dengan menggunakan analisis secara kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru sains SMP se-Kabupaten Timor Tengah Utara. Pengambilan data dilakukan dengan teknik sampling sehingga diperoleh sampel berjumlah 40 orang dari 45 guru sains SMP se-Kabupaten Timor Tengah Utara. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi, sedangkan analisa data menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kompetansi pedagogik memilki kontribusi positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa,sebesar 54,4% (2) Kompetansi kepribadian memilki kontribusi positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa,sebesar 56,3% (3) Kompetansi sosial memilki kontribusi positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa,sebesar 58,1%, (4) Kompetansi profesional memilki kontribusi positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa,sebesar 68,4%, (5) Kontribusi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional terhadap prestasi belajar sains siswa SMP se- Kabupaten Timor Tengah Utara., sebesar 71,5%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru, sains, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2017 05:01
Last Modified: 29 Jan 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45850

Actions (login required)

View Item View Item