Pengembangan Model Pembelajaran Konsep dan Prinsip Pada Materi Pokok Geometri dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI

Djawa, Yani (2010) Pengembangan Model Pembelajaran Konsep dan Prinsip Pada Materi Pokok Geometri dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yani-djawa-08709251018.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi pokok segitiga dan segiempat di SMP yang valid, layak, dan praktis, dan (2) mengidentifikasi keefektifan proses pembelajaran kooperatif tipe TAI materi pokok segitiga dan segiempat siswa di kelas VII SMP Negeri 13 Kota Ternate. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D). Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model Borg & Gall dan Nana Syodih Sukmadinata yang telah dimodifikasi. Pengembangan perangkat tersebut dimulai dari tahap studi pendahuluan, desain produk, uji ahli dan praktisi, uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri lembar validasi, lembar observasi pengelolaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, keterampilan siswa, lembar wawancara guru, dan tes hasil belajar. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi pokok segitiga dan segiempat, yang terdiri rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan siswa, dan tes hasil belajar. Hasil validasi menunjukkan perangkat yang dikembangkan layak digunakan. Hasil uji coba menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan menggunakan perangkat yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan pembelajaran. Berdasarkan hasil pretes dan postes pada uji coba yang dilakukan menunjukkan ada peningkatan skor 44,41 poin pada uji coba terbatas dan 48,98 poin pada uji coba lapangan dengan skor maksimum 100.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran konsep dan prinsip, geometri, pembelajaran kooperatif tipe TAI
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 14 Jan 2017 03:11
Last Modified: 14 Jan 2017 03:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45837

Actions (login required)

View Item View Item