PENINGKATAN KETERAMPILAN VOKASIONAL MELALUI PELATIHAN CETAK SABLON KAOS BAGI ANAK TUNARUNGU KELAS XII DI SLB BAKTI PUTRA NGAWIS

Rakhmad, Fitriawan (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN VOKASIONAL MELALUI PELATIHAN CETAK SABLON KAOS BAGI ANAK TUNARUNGU KELAS XII DI SLB BAKTI PUTRA NGAWIS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RAKHMAD FITRIAWAN_11103241057.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran keterampilan vokasional dan meningkatkan keterampilan vokasional melalui pelatihan cetak sablon kaos bagi siswa tunarungu kelas XII di SLB Bakti Putra Ngawis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengadaptasi model Kemmis dan McTaggart. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 8 kali pertemuan dan dibagi dalam dua siklus. Subjek penelitian merupakan 3 siswa kelas XII. Pengumpulan data dilakukan melalui metode tes untuk mengukur tingkat keterampilan vokasional cetak sablon kaos, dan metode observasi untuk mengamati aktivitas siswa, serta metode dokumentasi untuk memperkuat data berupa foto dan catatan khusus. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif, kemudian dilanjutkan dengan teknik komparatif dengan membandingkan hasil pra tindakan dan post test. Hasil dari siklus I belum dapat memenuhi indikator keberhasilan minimal yang telah ditentukan. Pada siklus I semua subjek belum mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan yaitu sebesar 70. Sehingga perlu diberikan pendampingan dan pemantapan yang lebih intensif pada siklus II. Pada siklus II subjek AA memperoleh nilai 89 dengan kriteria sangat baik, subjek NU mendapat nilai 93 dengan kriteria sangat baik dan subbjek DW mendapat nilai 82 dengan kriteria sangat baik. Peningkatan nilai hasil pelatihan keterampilan cetak sablon tersebut diikuti dengan peningkatan kualitas belajar selama pelaksanaan proses pelatihan cetak sablon kaos. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pelatihan cetak sablon kaos dapat meningkatkan keterampilan vokasional anak tunarungu kelas XII di SLB Bakti Putra Ngawis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 13 Jan 2017 07:10
Last Modified: 30 Jan 2019 12:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45833

Actions (login required)

View Item View Item