PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR KELAS III DI SD INKLUSI BANGUNREJO II YOGYAKARTA

Rini, Wulandari (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR KELAS III DI SD INKLUSI BANGUNREJO II YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RINI WULANDARI_0913244010.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman utuk anak berkesulitan belajar kelas III di SD Inklusi Bangunrejo II Yogyakarta, serta untuk mengungkap hambatan pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman untuk anak berkesulitan belajar. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pendekatan kualitatif dimanfaatkan dalam penelitian ini untuk mengungkap pelaksanaan pembelajaran membaca untuk anak berkesulitan belajar. Subyek penelitian ini adalah anak berkesulitan mebaca pemahaman kelas III di SD Inklusi Bangunrejo II. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan melalui tiga kegiatan utama yakni: reduksi data, display data, dan kesimpulan. Siswa masih kesulitan dalam menjelaskan kata-kata sukar dalam bacaan. siswa akan memahami kata-kata sukar dalam bacaan jika dijelaskan oleh guru maupun oleh guru pendamping khusus. Siswa masih kesulitan dalam mengerjakan pertanyaan bacaan. Kerena siswa merasa pertanyaan bacaan susah. Siswa juga sering bermain dan bercanda ketika pembelajaran membaca pemahaman sehingga kehabisan waktu dalam mengerjakan dan membutuhkan waktu yang lebih dalam mengerjakan pertanyaan bacaan. Siswa belum mampu dalam menyimpulkan kembali isi bacaan. Ketika diminta untuk menyimpulkan kembali isi bacaan siswa akan menunjuk kalimat pertama dalam bacaan sebagai kalimat utama. Pembelajaran belum mengarah pada pembelajaran yang aktif. Guru memberi tindakan dengn menjelaskan kata-kata sukar dalam bacaan. Guru belum bisa menkondisikan kelas, sehingga siswa masih sering gaduh dan bermain-main sendiri. Guru memberi tindakan dengan meminta siswa menggaris-garis kalimat pertama sebagai kalimat utama.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 13 Jan 2017 06:42
Last Modified: 30 Jan 2019 12:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45819

Actions (login required)

View Item View Item