PERAN GURU DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA BERKESULITAN BELAJAR SPESIFIK KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI GADINGAN KULONPROGO

Rizka, Nurrahmawati (2016) PERAN GURU DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA BERKESULITAN BELAJAR SPESIFIK KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI GADINGAN KULONPROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RIZKA NURRAHMAWATI_11103244029.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran guru dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa berkesulitan belajar spesifik kelas III di Sekolah Dasar Negeri Gadingan Kulon Progo. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah seorang guru kelas II dan dua orang siswa berkesulitan belajar spesifik kelas III. Setting penelitian adalah di kelas III SD Negeri Gadingan Kulonprogo saat pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang dilakukan dengan menggunakan cara triangulasi sumber, waktu, cara, dan member check. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model analisis interaktif Milles & Huberman dengan cara reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran guru sebagai informator saat materi menulis, guru tidak membagikan salinan cerita untuk siswa agar dibaca kembali dan dapat menyalin isi cerita tersebut. Saat materi membaca, paragraf yang dibaca siswa terlalu banyak dibanding dengan kemampuannya. (2) Peran guru sebagai organisator atau administrator yaitu tidak ada akomodasi dalam kurikulum bagi siswa berkesulitan belajar spesifik khususnya aspek membaca dan menulis. (3) Peran guru sebagai motivator yaitu guru dapat membangkitkan semangat siswa untuk lebih meningkatkan kemampuan membaca dan menulis agar tidak lagi tinggal kelas dengan kalimat motivasi dan nasehat. (4) Peran guru sebagai inisiator yaitu guru menggunakan metode praktek saat materi menulis ciri fisik dan watak teman, penggunaan media pengeras suara saat materi membaca nyaring, dan penerapan peer tutor saat kegiatan membaca dan menulis. (5) Peran guru sebagai pengarah yaitu membuat siswa lebih aktif dalam kegiatan membaca dan menulis dengan mengikuti jalannya diskusi dalam materi menulis dengan EYD yang tepat. (6) Guru sebagai fasilitator menyediakan fasilitas kipas angin agar kondisi ruangan saat pembelajaran Bahasa Indonesia setelah jam istirahat tidak panas, dan tempat hasil karya siswa dalam materi menulis identitas diri. (7) Guru sebagai evaluator tidak hanya menilai siswa dari hasil akhir, melainkan dari proses dan sikap siswa saat mengikuti kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 13 Jan 2017 04:19
Last Modified: 30 Jan 2019 12:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45796

Actions (login required)

View Item View Item