PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS I SEKOLAH DASAR DI SLB C WIYATA DHARMA 2 SLEMAN YOGYAKARTA

Rizkika, Purnama Dewi (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS I SEKOLAH DASAR DI SLB C WIYATA DHARMA 2 SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RIZKIKA PURNAMA DEWI_09103244005.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan media flash card pada siswa tunagrahita kategori ringan kelas I Sekolah Dasar di SLB C Wiyata Dharma 2 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan tiga kali pertemuan dalam setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga siswa tunagrahita kategori ringan yang duduk di kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes membaca permulaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas instrumen dilakukan oleh dosen pembimbing dan guru kelas I di SLB C Wiyata Dharma 2 Sleman Yogyakarta. Analisis data dilakukan secara deskripsif kuantitatif dan kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flash card dapat meningkatkan proses dan hasil kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I Sekolah Dasar di SLB C Wiyata Dharma 2 Sleman Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan yaitu, subjek A dari kemampuan awal 59,86% mengalami peningkatan sebesar 7,3% menjadi 67,16% pada siklus I dan meningkat 5,81% menjadi 72,97% pada siklus II, maka total peningkatan yang dicapai oleh subjek A adalah 13,11%. Subjek B dari kemampuan awal 50,00% mengalami peningkatan sebesar 11,62% menjadi 61,62% pada siklus I dan meningkat 9,87% menjadi 71,49% pada siklus II, maka total peningkatan yang dicapai oleh subjek B adalah 21,49%. Subjek C dari kemampuan awal 59,05% mengalami peningkatan sebesar 8,51% menjadi 67,56% pada siklus I dan meningkat 5,95% menjadi 73,51% pada siklus II, maka total peningkatan yang dicapai oleh subjek C adalah 14,46%. Tindakan pada siklus I berupa pembelajaran membaca permulaan menggunakan media flash card dengan satu sisi gambar kata. Tindakan pada siklus II berupa pembelajaran membaca permulaan menggunakan flash card disertai perbaikan pada media flash card yaitu flash card dengan format 2 sisi (bolak-balik), dengan sisi depan adalah gambar dan sisi belakang berupa keterangan gambar yang disusun per-huruf, suku kata, dan kata. Perbaikan dalam persiapan dan pengkondisian siswa, reward dan motivasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 13 Jan 2017 04:15
Last Modified: 30 Jan 2019 12:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45795

Actions (login required)

View Item View Item