PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBUAT PERMEN ASEM PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SEKOLAH LUAR BIASA YAPENAS DEPOK SLEMAN

Rizta, Santani (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBUAT PERMEN ASEM PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SEKOLAH LUAR BIASA YAPENAS DEPOK SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RIZTA SANTANI_12103241043.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan membuat permen asem pada anak tunagrahita ringan di SLB Yapenas Depok Sleman, yang mencakup proses pelaksanaan, ketercapaian hasil, dan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan pembelajaran keterampilan membuat permen asem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan di SLB Yapenas Sleman, yang berjumlah dua orang dan satu orang guru keterampilan. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik Analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran keterampilan membuat permen asem pada anak tunagrahita ringan di SLB Yapenas Depok Sleman, meliputi langkah-langkah pembelajaran antara lain: (a) menyiapkan alat dan bahan, (b) proses memasak adonan, (c) pembentukan bulatan permen asem, (d) pengemasan permen asem yang sudah dibentuk, (e) membersihkan tempat dan alat memasak sampai menyimpan alat pada tempat semula. Metode yang digunakan meliputi ceramah, demonstrasi, dan pemberian tugas. Untuk strategi pembelajaran yang digunakan yaitu shaping, prompting, dan fading, guru memulai dengan memberikan contoh kemudian anak menirukan tahapan yang dicontohkan, namun pada tahapan mempersiapkan adonan dengan takaran sesuai resep pembuatan permen asem anak perlu dibantu guru. Ketercapaian hasil yang dapat di capai oleh anak tunagrahita ringan dalam keterampilan membuat permen asem selama ini adalah anak tunagrahita mampu membuat produk permen asem sendiri. Bahkan hasil pembuatan permen asem oleh anak tunagrahita di SLB Yapenas Depok Sleman memiliki nilai jual bisa sampai kepasaran, yaitu menjalin kerja sama dengan pihak kedua. Sehingga selain untuk mengembangkan keterampilan membuat permen asem, langsung dapat mengadaptasikannya pada suatu pekerjaan yang terlindung menjadi karyawan di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 13 Jan 2017 04:12
Last Modified: 30 Jan 2019 12:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45794

Actions (login required)

View Item View Item