ASSESMEN ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN YOGYAKARTA

Sabda, Riang Utama (2016) ASSESMEN ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sabda Riang Utama_12103241064.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana asesmen anak autis di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru yang mengampu siswa autis, dan psikolog. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas dengan melakukan triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, dan member check serta uji dependability dengan melakukan bimbingan kepada dosen pembimbing. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen terhadap anak autis di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an memiliki beberapa tujuan yaitu penjaringan (screening), pengalihtanganan (referral), dan klasifikasi (classification). Pihak yang terlibat dalam asesmen yaitu Kepala Sekolah, Psikolog, Guru pengampu anak autis, dan orangtua siswa autis. Namun pelaksanaannya lebih banyak didominasi oleh psikolog. Asesmen di sekolah ini memiliki tahapan sebagai berikut : 1) wawancara kepala sekolah dengan orangtua siswa. 2) kepala sekolah merujuk siswa ke psikolog untuk dilakukan asesmen 3) psikolog melakukan asesmen terhadap anak. Psikolog memberi rekomendasi kepada guru tentang hasil asesmen. 4) guru membuat lesson plan atau program pembelajaran individual (PPI). Metode yang digunakan untuk asesmen yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi dan test. Belum ada instrumen khusus yang digunakan oleh guru dalam asesmen anak autis. Tindak lanjut hasil asesmen, sekolah belum mengadakan forum diskusi (case conference) untuk mendiskusikan hasil pengumpulan data asesmen dan Guru tidak membuat dokumen secara tertulis tentang hasil asesmen akademik dan rumusan profil anak autis sebagai pedoman dalam penyusunan PPI (Program Pembelajaran Individual).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 13 Jan 2017 04:04
Last Modified: 30 Jan 2019 12:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45790

Actions (login required)

View Item View Item