EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI SHAPING TERHADAP PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENGUKUR TEKANAN UDARA BAN PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS VIII DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 SLEMAN

Shofa Yunne, Nisrina Dewi (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI SHAPING TERHADAP PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENGUKUR TEKANAN UDARA BAN PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS VIII DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SHOFA YUNNE NISRINA DEWI_12103244015.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penggunaan strategi shaping terhadap pembelajaran keterampilan mengukur tekanan udara ban pada anak tunagrahita kategori ringan kelas VIII di SLB Negeri 1 Sleman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ekperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain penelitian yang digunakan yaitu A-B-A’. Subjek penelitian yaitu seorang siswa tunagrahita kategori ringan kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Analisis data dilakukan dengan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi shaping efektif dalam meningkatkan keterampilan mengukur tekanan udara ban pada anak tunagrahita kategori ringan kelas VIII di SLB Negeri 1 Sleman. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan persentase keberhasilan subjek dalam melakukan tes keterampilan mengukur tekanan udara ban pada fase Intervensi dan Baseline (A2). Hasil analisis data pada analisis dalam kondisi terdapat kecenderungan arah yang meningkat pada fase Intervensi dan Baseline (A2). Pada perubahan level menunjukkan perubahan yang membaik pada fase Intervensi (+30%) dan Baseline (A2) (+5%). Analisis antar kondisi pada perubahan level menunjukkan perbaikan di fase Intervensi dan Baseline (A2) dibandingkan dengan Baseline (A1). Perubahan level fase Baseline (A1) dibandingkan fase Intervensi sebesar (+10%), fase Intervensi dibandingkan Baseline (A2) sebesar (+30%), sedangkan pada fase Baseline (A1) dibanding Baseline (A2) sebesar (+35%).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 13 Jan 2017 03:52
Last Modified: 30 Jan 2019 12:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45786

Actions (login required)

View Item View Item