Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa MTs NW Narmada Ditinjau dari Segi Gender

Sabrun, Sabrun (2010) Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa MTs NW Narmada Ditinjau dari Segi Gender. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sabrun-07709251003.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) memproleh bukti empiris tentang pengaruh model pembelajaran problem-based learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan (2) memperoleh bukti empiris perbedaan kemampuan pemecahan masalah Matematika setelah diajarkan dengan model pembelajaran problem-based learning (PBL) ditinjau dari segi gender. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretes dan postes dengan kelompok non-ekuivalen. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen dan dua kelompok kontrol. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VII MTs NW Narmada dari sekolah putra dan dari sekolah putri. Pengambilan sampel dengan teknik sampling purposive. Dari populasi yang ada diambil empat kelas secara acak yang selanjutnya ditentukan dua kelas eksperimen (satu kelas putra dan satu kelas putri), dan dua kelas kontrol (satu kelas putra dan satu kelas putri) yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan menggunakan tes bentuk uraian dan observasi kegiatan siswa. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan perbedaan hasil berdasarkan gender data dianalisis dengan menggunakan ANACOVA (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran matematika dengan problem-based learning (PBL) berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah Matematika dan (2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah Matematika setelah diajar dengan model problem-based learning (PBL) ditinjau dari segi gender yaitu siswa dari kelas putri lebih tinggi tingkat kemampuan dalam memecahkan masalah Matematika dibanding kelas putra.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Problem-Based Learning, pemecahan masalah matematika, gender
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2017 01:50
Last Modified: 29 Jan 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45737

Actions (login required)

View Item View Item