LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP N 1 PAKEM Laporan ini sebagai Penanggungjawaban Pelakuan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun Akademik 2016/2017

Frince Br. Situmorang, Frince Br. Situmorang (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP N 1 PAKEM Laporan ini sebagai Penanggungjawaban Pelakuan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun Akademik 2016/2017. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13209241025 Frince Br Situmorang_ Pend.Seni Tari.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di bangku perkuliahan ke dalam kehidupan masyarakat, yaitu masyarakat sekolah. Dengan program PPL ini diharapkan mahasiswa dapat menjadi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang profesional. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMP N 1 Pakem, mahasiswa mengajarkan materi gerak tari yaitu tentang ruang,waktu dan tenaga serta pengertian level, iringan musik dan pola lantai untuk kelas VII B, VII C, dan VII D. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan media pembelajaran, dan pembuatan RPP. Program kegiatan PPL di SMP N 1 Pakem mulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan tanggal 15 September 2016 antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama kuliah di UNY dengan baik. Mahasiswa mendapat kesempatan minimal 8 kali pertemuan di kelas, 1 kali pengadaan ulangan harian, dan 2 kali mengajar insidental. Hasil pelaksanaan PPL tersebut dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing serta dosen pembimbing selama praktik mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya KBM. Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, kegiatan, hasil
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jan 2017 01:13
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45724

Actions (login required)

View Item View Item