LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI - 15 SEPTEMBER 2016 DI SMP NEGERI 1 PAKEM

DITA FITRIANA, DITA FITRIANA (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI - 15 SEPTEMBER 2016 DI SMP NEGERI 1 PAKEM. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13104244004 Dita Fitriana_ Bimbingan dan Konseling.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah awal mahasiswa untuk menerapkan kemapuan yang dimiliki. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memperoleh pengalaman nyata tentang proses pembelajaran dan berinteraksi langsung dengan dunia pendidikan, memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah terutama yang berkaitan dengan bidang layanan bimbingan dan konseling, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Pada Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di SMPN 1 Pakem pada tanggal 18 Juli 2016 - 15 September 2016, selama praktek mengajar praktikan diberi tanggung jawab untuk mengampu di lima (5) kelas yaitu VII B, VII D, VIII A, VIII D, dan IX D. Praktikan melaksanakan beberapa program kerja yaitu need assessment untuk mengetahui permasalahan serta kebutuhan siswa. Layanan dasar berupa bimbingan klasikal yang meliputi empat bidang yaitu pribadi, sosial, belajar dan karir, memberikan layanan informasi, praktikan juga memberikan layanan berupa konseling individual, konseling kelompok, dan bimbingan kelompok. Dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMPN 1 Pakem, praktikan melakasanakan layanan berupa bimbingan klasikal dengan empat belas materi satuan layanan yang digunakan untuk mendukung kelancaran proses pemberian layanan di dalam bidang pribadi, sosial, belajar dan karir. Layanan Informasi yang digunakan yaitu papan bimbingan. Layanan konseling individual diberikan kepada siswa yang membutuhkan bantuan. Layanan konseling kelompok diberikan kepada beberapa siswa yang tergabung dalam satu kelompok dengan satu permasalahan yang sama. Dan layanan bimbingan kelompok ini juga diberikan kepada sekelompok siswa dengan satu topik permasalahan metode yang digunakan adalah diskusi. Selain diantara itu ada juga program kerja bimbingan dan konseling yang terlaksana diantaranya home visit, kolaborasi dengan orang tua, kolaborasi dengan mahasiswa pratikan lain, referal dan konferensi kasus. Secara umum kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan di SMPN 1 Pakem ini dapat berjalan dengan lancar dan sedikit hambatan. Dan hasil dari pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan selama dua bulan di SMP Negeri 1 Pakem ini dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa membantu siswa dalam menyelesaikan masalah secara mandiri dan memberikan informasi yang dibutuhkan siswa, pratikan mendapat kesempatan untuk belajar menghadapi siswa dari berbagai macam latar belakang dan yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda, serta pemahaman baru mengenai tugas nyata seorang pendidik di lapangan. Selain itu pratikan dapat belajar menjadi guru bimbingan dan konseling ataupun konselor yang profesional melalui pratik pengalaman lapangan ini.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP Negeri 1 Pakem, Layanan Bimbingan dan Konseling
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 Jan 2017 00:49
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45716

Actions (login required)

View Item View Item