LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI KARANGJATI SLEMAN

Rafika Adi Hafara, Rafika Adi Hafara (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI KARANGJATI SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rafika Adhi Hafara (PGSD PENJAS 13604221040).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa jurusan pendidikan yang telah menyelesaikan semester 6 dan telah lulus dari kegiatan mikro teaching. Kegiatan PPL dilaksanakan pada semester khusus selama kurang lebih 1 bulan di sekolah yang telah ditentukan oleh pihak LPPM. Kegiatan PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman pada mahasiswa dalam bidang manajerial, serta memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan lembaga pendidikan yang terkait. Terlebih dahulu mahasiswa diberi pembekalan dari jurusan. Pembekalan dilaksanakan pada tanggal 20 Juni 2016. yang kami rencanakan ada dua, yaitu: program mengajar dan non mengajar. Program PPL Mengajar antara lain Pembuatan RPP, konsultasi RPP, Pembuatan Media Pembelajaran, Mengajar kelas/ jam kosong. Program Non mengajar antara lain Memperingati HUT Republik Indonesia, Lomba 17-an, Menata sekolah untuk akreditasi, Kerja Bakti dan Senam Bersama. Dari program PPL ini praktikan dapat mengambil beberapa pengalaman faktual mengenai proses belajar mengajar dan kegiatan persekolah lainnya yang sangat berguna untuk mengembangkan dirinya sebagai guru dan tenaga pendidik yang profesional, memiliki nilai, sikap dan pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan. Melihat program pelaksanaan PPL Program yang direncanakan semua terlaksana dengan baik karena adanya kerjasama yang baik antara anggota kelompok maupun pihak-pihak lain yang terkait. Selain itu PPL sangat bermanfaat dalam memberikan bekal pengalaman bagi mahasiswa sekaligus sebagai penyesuaian sebelum terjun ke sekolah dan melakukan tugasnya secara nyata. Meskipun ada hambatan pada kelompok kami, tetapi hambatan yang ada bukanlah penghalang melainkan konsekuensi dari sebuah usaha dan semua hambatan yang ditemukan dapat diatasi. Akhir kata, dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa diharapkan banyak mendapat pengalaman dan keterampilan dari berbagai pihak serta mengamalkan ilmu yang telah diperoleh.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 Jan 2017 03:27
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45678

Actions (login required)

View Item View Item