Annisa Cipto Haryani, Annisa Cipto Haryani (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II / MAGANG III DI SLB AUTIS CITRA MULIA MANDIRI Dusun Samberembe, Desa Selomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
ANNISA CIPTO HARYANI 13103244007.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
viii LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II / MAGANG III DI SLB AUTIS CITRA MULIA MANDIRI Oleh: Annisa Cipto Haryani 13103244007 PLB FIP UNY ABSTRAK Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mempunyai misi sebagai wahana pembentukan dan peningkatan kamampuan keprofesional. Program Pengalaman Lapangan merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan beragam teori yang mereka terima di bangku kuliah. Pada saat kuliah mahasiswa menerima ilmu yang bersifat teoritis. Oleh karena itu, pada saat PPL ini mahasiswa berkesempatan mempraktikkan beragam teori-teori tersebut dan sekaligus menimba ilmu secara langsung, tidak sekedar mengetahui suatu teori, tetapi lebih jauh lagi mereka juga memiliki kemampuan untuk menerapkan teori tersebut, tidak hanya dalam situasi simulasi tetapi dalam situasi sesungguhnya. Dewasa ini banyak di temui bahwa kemampuan pendidik dalam menangani anak berkebutuhan khusus termasuk dalam kategori kurang baik, hal tersebut dikarenakan pengalaman yang kurang dan kemampuan pemahaman teori mengajar yang kurang baik, oleh karena itu Praktik Pengalaman mengajar dalam Program PPL/Magang III wajib untuk di ikuti oleh mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktek mengajar terbimbing dimulai dari tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016, dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan yaitu dengan satu subjek yang bernama Elbert Suryahadi. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Program kegiatan PPL yang dilakukan oleh penulis ialah memberikan stimulus pada bidang kognitif, afektif dan psikomotor pada anak melalui program pembelajaran akademik dan keterampilan, sehingga nantinya anak mampu mengikuti pelajaran akademik dengan baik ketika anak sudah duduk di bangku sekolah dasar.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, SLB Autis Citra Mulia Mandiri, akademik |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 11 Jan 2017 01:36 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45661 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |